Sejumlah Masjid Australia Meriahkan National Mosque Open Day

gomuslim.co.id - Masjid-masjid di seluruh Australia turut serta memeriahkan Hari Terbuka Masjid Nasional keenam, Sabtu (26/10/2019). Dalam acara ini, pihak masjid menyambut pengunjung dengan menyuguhkan makanan, perasaan hangat dan berbagi nilai-nilai Islam.

Presiden Komunitas Muslim Canberra, Abdul Bari mengaku sangat senang melihat banyaknya orang datang ke Masjid. “Begitu banyak orang datang dari latar belakang yang berbeda, etnis berbeda, berbagai belahan dunia, pemahaman yang berbeda, dan berinteraksi satu sama lain,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Canberra Times, Senin (28/10/2019).

Ia menambahkan, perasaannya begitu luar biasa dan merasa bahwa Canberra adalah kota yang hebat untuk ditinggali. “Australia adalah masyarakat multikultural sejati, dan setiap orang memiliki tempat di sini dan berkontribusi," katanya.

National Mosque Open Day (NMOD) atau Hari Terbuka Masjid Nasional adalah acara rutin tahunan di seluruh Australia. Pada acara ini, sejumlah masjid di seluruh negara secara bersamaan membuka pintu untuk umum dan mengundang masyarakat untuk datang dan menjelajahi masjid lokal.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah kesalahpahaman umum dan stereotip dan melawan semua jenis prasangka.

Sebagai bagian dari evaluasi independen terhadap proyek tersebut, Universitas New South Wales menyimpulkan bahwa Hari Terbuka Masjid Nasional adalah ‘terobosan global’ pertama dari jenisnya di mana saja di dunia.

Acara pertama kali berlangsung di Australia, terjadi pada 25 Oktober 2014 lalu. Sembilan masjid di seluruh Australia turut berpartisipasi. Hari Terbuka Masjid Nasional baru-baru ini diadakan pada tanggal 27 Oktober 2018, dengan 13 masjid yang berpartisipasi.

 

Baca juga:

Video Game Baru Islamic Relief Ubah Persepsi Muslim di Media

 

Setiap malam di Canberra, masjid menyambut sekelompok orang beragam untuk melaksanakan doa malam bersama Muslim. “Siapa saja dipersilakan. Jika Anda ingin melihat apa yang kami lakukan, Anda dipersilakan untuk datang dan duduk. Jika Anda memiliki pertanyaan, kami sangat senang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Tidak ada yang perlu ditakutkan di sini, tidak ada yang perlu ditakutkan," jelasnya.

Umat Muslim di seluruh dunia biasanya membuka pintu masjid untuk para tamu agar mereka dapat melihat sekilas keimanan Islam. Misalnya, Visit My Mosque Day diadakan setiap tahun di sejumlah negara termasuk Australia, Inggris, Norwegia, dan Prancis.

Sekitar 250 masjid berpartisipasi dalam acara tahun ini yang diadakan Februari lalu, menyaksikan pertumbuhan dari 200 masjid pada 2018 dan 150 masjid pada 2017.

Sebelumnya pada September 2019, Muslim di Peoria, Illinois membuka pintu masjid mereka untuk acara khusus yang dijuluki "Makan Siang dengan Tetangga Anda". Sebuah masjid lokal di Antiokhia, Nashville, Tennessee, juga mengadakan open house pada bulan Juli bagi orang-orang dari semua agama untuk membantu memerangi stereotip Muslim dan menunjukkan kepada orang-orang Muslim sejati. (jms/Canberra Times/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Kenalkan Islam, Masjid Utah Membuka Pintu untuk Warga AS


Back to Top