Pemudi Saudi Siap Ambil Peran untuk Ciptakan Dunia Bebas Polusi

gomuslim.co.id - Tim muda Saudi turut bersaing dalam kompetisi robotik internasional di Dubai, Sabtu (26/10/2019). Pada ajang tersebut, tim muda Saudi bersumpah untuk berperan serta dalam menciptakan dunia yang bebas polusi.

"Kami mewakili harapan untuk masa depan tidak hanya untuk Arab Saudi, tetapi juga kemanusiaan pada umumnya," kata ketua tim, Maysoon Humaidan seperti dilansir dari publikasi Arab News, Senin (28/10/2019).

Lebih dari 1.500 kontestan dari 190 negara ikut serta dalam ajang FIRST Global Challenge 2019 di Dubai. Kegiatan ini berfokus pada pembuatan robot untuk membersihkan laut dunia dengan menghilangkan limbah dan polutan.

Humaidan mengatakan tim Saudi ‘terikat’ untuk kontes, dan menggambarkan anggota tim sebagai ‘penggemar muda untuk sains dan pengetahuan’. Impian mereka adalah memotivasi pemuda Saudi untuk masuk bidang sains, teknologi dan matematika agar menemukan solusi terkait masalah dan tantangan yang dihadapi umat manusia.

 

Baca juga:

Pusat Belajar Mengemudi Mobil Al-Ahsa Mulai Buka Pendaftaran bagi Wanita Saudi

 

Anggota tim, Sulafa Al-Shehri (14) mengatakan tantangan robotik telah memperluas pengetahuannya tentang teknologi, keberlanjutan dan perlindungan lingkungan. Fadel Younes (15) mengatakan teknologi modern dapat memecahkan banyak masalah paling mendesak di dunia.

Ambisi tim mencerminkan langkah besar yang telah dibuat Kerajaan dalam melibatkan pemuda di sektor teknologi dan aplikasinya di semua lapisan masyarakat.

Baru-baru ini, Kerajaan mengklaim sedang memperkenalkan aplikasi kecerdasan buatan dan robotika di Kementerian Pendidikan untuk meningkatkan layanan pelanggan. Dua tahun lalu, Arab Saudi memberikan kewarganegaraan Saudi kepada robot Sophia, simbol ‘kota pintar’ Neom. (jms/arabnews)

 

 

Baca juga:

Atlet Arab Saudi Boyong Medali Emas di Kejuaraan Wanita GCC


Back to Top