MTQ ke-28 Jawa Timur Resmi Dibuka, Gubernur Jatim: Mari Amalkan Ajaran Alquran

gomuslim.co.id - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Jawa Timur ke XXVIII resmi dibuka Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Ketua DPRD Jatim, Kusnadi, pada Sabtu (26/10/2019) malam. Acara ini dimeriahkan oleh Wali Band beserta atraksi tarian kolosal dan pesta kembang api. Pagelaran MTQ Jawa Timur diselenggarakan hingga 2 November 2019 mendatang di Alun-Alun Kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Jatim itu menyampaikan apresiasi atas antusias warga Kabupaten Tuban yang menyambut gelaran MTQ ini. Ia juga berpesan kepada para santri dan peserta MTQ agar tidak hanya meningkatkan pemahaman Alquran, tapi juga mengamalkan apa yang menjadi ajaran Alquran.

"Luar biasa sambutan warga Tuban atas pelaksanaan MTQ tingkat Jatim ini, kita harus amalkan apa yang ada di Alquran," ungkapnya.

Khofifah turut mengapresiasi format pelaksanaan MTQ Jatim XXVIII ini sudah menggunakan sistem digital IT. Mulai pendaftaran, hingga sistem penilaiannya menggunakan sistem digital IT.

 

Baca juga :

Membumikan Alquran, Pemkab Pandeglang Sukses Gelar MTQ Tingkat Kabupaten ke-37



Dalam hal ini, Pemprov Jatim berupaya memberdayakan pesantren, di antaranya peluncuran One Pesantren One Product (OPOP), yang diharapkan dapat membawa manfaat tidak hanya bagi pesantren tetapi juga seluruh masyarakat. Program OPOP yang berbasis aplikasi Android ini sudah diluncurkan Pemprov pada bulan Agustus lalu. Proram OPOP merupakan program peningkatan kemandirian ekonomi santri berbasis pesantren. Ini artinya bahwa Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan seluruh kafilah Jatim siap memasuki era industri 4.0.

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan melalui kegiatan ini, nantinya juga akan meningkatkan prestasi para santri Jawa Timur. Terutama menjelang pelaksanaan MTQ tingkat nasional ke XXVIII yang bakal diselenggarakan tahun 2020 mendatang.

"Juni tahun depan ada MTQ nasional. Harapannya, Jatim bisa mendapatkan predikat juara umum MTQ tingkat nasional," ujar Mantan Mensos ini.

Dalam acara tersebut, jingle MTQ Jatim Berkah juga secara khusus di-launching. Istimewanya, jingle tersebut merupakan hasil karya cipta langsung dari Gubernur Khofifah. Pagelaran MTQ  ini dihadiri Bupati atau Walikota dan Ketua DPRD atau yang mewakili dari 38 Kabupaten/kota, Kepala Kantor Kemenag dan ketua MUI se-Jatim, Pengurus LPTQ Jatim, serta beberapa tamu undangan  lainnya.

Sebanyak 1.327 perserta ikut berpartispasi pada MTQ Jawa Timur ke XXVIII ini, serta sebanyak 461 official, 94 dewan hakim, 12 ketua majelis, 12 panitera, dan juga 5 dewan pengawas. Para peserta tersebut berlomba di tujuh cabang yaitu cabang Tilawah Alquran, Hifdhil Quran, Tafsir Alquran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khath Alquran, dan Makalah Alquran. (waf/detik/surabayapagi/dbs)

 

 

Baca juga :

Institut Ilmu Alquran Jakarta Helat Festival Alquran Wanita


Back to Top