Filipina Miliki Masjid Indah yang Selalu Ramai Dikunjungi Wisatawan

gomuslim.co.id – Filipina memiliki beberapa masjid megah yang terlihat sangat indah. Arsitektur unik menjadi daya tarik wisatawan untuk melihat dan mengetahui arsitekturnya, walau hanya sekadar berkunjung atau menjelajah hingga mengetahui sejarah di balik berdirinya masjid.

Walau terbilang sebagai Muslim minoritas, Masjid megah di wilayah Fiilipina ini menjadi sebagai pusat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Pertama, Masjid Dimaukom di Kota Datu Saudi Ampatuan, Provinsi Maguindanao, Filipina Selatan dengan tampilan serba pink ini berada Masjid ini memilki tampilan pink yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dimaukom sendiri diambil dari nama walikota yang menginstruksikan pembangunan masjid, yaitu Samsodin Dimaukom. Masjid ini dibangun pada 2011 dan dibuka untuk umum pada tahun 2013.

Masjid dicat berwarna pink untuk melambangkan perdamaian dan cinta dan dibangun oleh pekerja Kristen untuk melambangkan persatuan dan persaudaraan antar agama. Selain warna pink dimaknai sebagai lambang persatuan dan persaudaraan antar agama ternyata warna pink ini menjadi warna favorit wali kota.

 

Baca juga:

Jadi Saksi Perkembangan Islam Bosnia, Umat Muslim Kota Foca Rayakan Pembukaan Kembali Masjid Aladza 

 

Kedua, Masjid Al-Dahab atau yang terkenal dengan The Golden Mosque salah satunya, adalah pusat keagamaan umat Islam di Manila. Dibangun pada 1976 dan dinamakan demikian karena warna kubahnya yang berwarna emas. Masjid ini terletak di Manila sekaligus masjid terbesar yang ada di kota tersebut.

Masjid tersebut dibuka untuk umum, banyak wisatawan mancanegara yang mengunjungi masjid berkubah emas ini. Bahkan wisatawan non muslim diperbolehkan untuk masuk hingga ke dalam masjid selama para wisatawan menaati aturan yang berlaku di masjid tersebut.

Ketiga, Masjid Taluksangay yang terletak di Barangay Taluksangay di Zamboanga dibangun oleh Hadji Abdullah Maas Nuno pada tahun 1885 dan merupakan masjid tertua di Mindanao Barat. Masjid ini sebagai pusat penyebaran Islam di daerah tersebut. Pada tahun 2008, masjid diperluas dan sekarang dapat menampung kurang lebih 3.000 jamaah.

Keempat, Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah, juga dikenal sebagai Masjid Agung Cotabato, terletak di Kota Cotabato dan merupakan masjid terbesar di Filipina. Masjid ini terletak di Barangay Kalanganan II di Kota Cotabato.

Hal ini juga merupakan masjid terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Indonesia. Masjid besar ini dapat menampung 1200 jamaah mencangkup 800 jamaah pria dan 400 jamaah wanita.

Kubah emas dari masjid Sultan Hassanal Bolkiah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi kota Cotabato. Tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah bagi umat Muslim namun tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata religi untuk Muslim maupun non Muslim, di antara keempat masjid megah di Philipina, selalu ramai dengan kedatangan para wisatawan local maupun mancanegara. Dalam penelusuran, masjid tersebut sengaja dibuka secara umum guna memperkenalkan keindahan Islam dari arsitektur masjid yang juga terbilang Indah. (hmz/halalzilla)

 

 

Baca juga:

Brunei Darussalam Terapkan Tiga Elemen Ini dalam Penerapan Syariat Islam


Back to Top