Ini Kawasan yang Akan Jadi Pusat Industri Halal Indonesia

gomuslim.co.id - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso memastikan sejumlah tempat akan menjadi pusat industri halal dan akan berkembang di Indonesia. Hal ini ia ungkapkan saat Kementerian Agama RI menggelar rapat kerja dengan Komisi VIII DPR.

"Adapun kawasan tersebut adalah Batamindo Industrial Estate, Bintan Industrial Park, Jakarta Industrial Estate Pulogadung, dan Modern Cikande Industrial Estate," kata Sukoso.

Dijelaskan, hal ini juga bagian dari kerja sama dengan Kementerian Perindustrian yang memfasilitasi keluarnya peraturan tentang kawasan industri halal di Indonesia.

"Halal bukan lagi memasok makanan dan minuman tetapi halal sudah masuk industri," sambungnya.

 

Baca juga:

Ketua IHLC: Indonesia Wajib Kuasai Industri Halal Dunia

 

Lebih lanjut, kata Sukoso, banyak investor yang melihat target market industri halal di Indonesia. Berdasarkan survei Global Islam Economy tahun 2018-2019 menyebutkan Indonesia bukan termasuk produsen utama 10 besar dunia bagi makanan dan minuman halal.

"Kita tahu daging impor membutuhkan persyaratan halal untuk disesuaikan dengan UUD No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal," ia menjelaskan.

Untuk diketahui, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal adalah salah satu unsur pendukung di Kementerian Agama Republik Indonesia. BPJPH bertugas melaksanakan penyelenggaraan jaminan produk halal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (nov/dbs/tribun)

 

 

Baca juga:

Kamboja Genjot Industri Halal Lewat Lembaga Sertifikasi


Back to Top