Calon Jemaah Haji 2020 Latihan Fisik Sejauh 1,6 Kilometer

gomuslim.co.id - Calon jemaah haji Kota Pekalongan yang akan diberangkatkan pada tahun 2020 mendatang, menjalani tes kebugaran atau rockport di Lapangan Mataram. Sebanyak 160 dari 337 calon jemaah haji yang hadir dalam tes, diminta menempuh jarak sejauh 1,6 kilometer atau tiga kali putaran Lapangan Mataram baik dengan cara berlari, jalan cepat maupun jalan santai.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto mengatakan, tes kebugaran dilakukan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik para calon jamaah haji. Tes tersebut, dilakukan dua kali sebelum pemberangkatan yakni masing-masing enam bulan dan tiga bulan sebelum pemberangkatan.

“Hasilnya nanti akan diketahui, apakah baik, cukup, atau kurang. Hasil tes mengacu pada waktu tempuh, berat badan, umur, jenis kelamin dan denyut nadi. Tes ini sekaligus sebagai pengenalan sehingga harapannya para calon jamaah haji juga bisa melakukan tes secara mandiri untuk mengetahui tingkat kebugaran fisiknya,” jelas Slamet Budiyanto.

 

Baca juga:

Kemenag Sampaikan Dua Calon Jemaah Haji Meninggal Dunia di Madinah

 

Dia mengatakan, ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan kondisi fisik yang prima. Sehingga para calon jamaah haji harus lebih sering melakukan kegiatan fisik.

“Sebelum tes tadi juga dilakukan pemeriksaan kesehatan sehingga setelah tes ini para calon jamaah haji juga bisa mengetahui kondisi dan bagaimana menjaga kesehatannya,” tambahnya.

Kegiatan tes kebugaran, juga disaksikan langsung Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz, bersama Ketua TP PKK, Khusnul Khotimah. Wali Kota dalam pengarahannya mengatakan bahwa tes tersebut penting dilakukan demi mengetahui kondisi fisik dan kesehatan sehingga bisa menjaga masing-masing. “Tes kebugaran ini sangat penting untuk haji karena ibadah haji banyak kegiatan fisiknya,” tutur Saelany.

Saelany berpesan kepada calon jamaah Wali Kota Pekalongan, mulai sekarang calon jamaah haji agar rajin berolahraga agar fisik semakin bugar. “Semoga para jamaah dapat menjalankan ibadah haji sesuai tuntunan agama, dan dilancarkan dari keberangkatan sampai kembali lagi ke tanah air serta menjadi haji yang mabrur,” tuturnya. (nov/radarpekalongan)

 

Baca juga:

Gelombang 1 Calon Jemaah Haji Asal Palestina Berangkat dari Bandara Mesir


Back to Top