Dewan Pendidikan Baltimore AS Akhirnya Setuju Liburkan Sekolah pada Hari Raya Islam

gomuslim.co.id – Dewan Pendidikan di Baltimore, Amerika Serikat (AS) akhirnya menyetujui pemberian hari libur untuk siswa muslim pada perayaan Idul Fitri. Dewan setempat memutuskan untuk meliburkan sekolah umum agar siswa muslim berkesempatan merayakan hari raya besar keagamaannya.

Direktur Maryland Outreach untuk Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR), Zainab Chaudry mengatakan hari bersejarah ini sebagai puncak dari perjuangan para pemimpin lokal untuk mendapat pengakuan setara bagi ribuan anak-anak Muslim selama beberapa dekade.

"Ini mengirimkan pesan kepada siswa Muslim dan orang tua bahwa sekolah memperhatikan kebutuhan mereka, dan bahwa mereka dihargai, dilihat dan didengar," kata Zainab dalam pernyataannya seperti dilansir dari publikasi AboutIslam, Senin, (11/11/2019).

CAIR mengapresiasi upaya Anggota Mahasiswa Dewan Omer Reshid, dan para pemimpin Dr. Basher Firaoun dan Muhammed Jamil yang tanpa lelah memperjuangkan masalah ini. Langkah yang ditunggu-tunggu ini akhirnya tercapai setelah 30 tahun melakukan advokasi untuk mendapat 'kesetaraan’ dalam libur Idul Fitri.

 

Baca juga:

Masjid di Amerika Serikat Akan Bangun Area Ramah Perempuan

 

Upaya serupa juga sedang berlangsung di Montgomery County, Maryland di mana dewan sekolah sepakat pada tahun 2015 untuk meliburkan sekolah agar siswa bisa merayakan Idul Fitri. Namun, hal tersebut masih dalam proses pertimbangan pada kalender untuk tahun ajaran 2020-2021.

Pekan lalu, CAIR meminta Dewan Perguruan Tinggi untuk tidak menjadwalkan ujian AP tentang `Idul Fitri pada tahun 2021 untuk membantu dewan sekolah lokal menjadi setara untuk semua populasi siswa mereka.

Untuk diketahui, kalender Hijriah Islam adalah kalender lunar sehingga perayaan Idul Fitri berputar sepanjang musim. Sejumlah sekolah di Amerika sendiri sudah mulai mengakui dua hari libur Muslim.

Pada April 2019, distrik sekolah Detroit mengumumkan akan mengakui hari libur Muslim Idul Fitri selama adopsi kalender tahun sekolah 2019-2020. (jms/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Usung Toleransi dan Bantu Sesama, Komunitas Muslim Evansville AS Gelar Festival Makanan ke-18


Back to Top