Ribuan Warga Perancis Unjuk Rasa Lawan Islamofobia

gomuslim.co.id - Ribuan orang turun ke jalan untuk demonstrasi lawan islamofobia di Paris, Perancis pada Ahad, (10/11/2019). Kerumunan orang berjalan membawa spanduk-spanduk bertuliskan pesan "Hentikan semua rasisme" dan "Islamofobia bukan opini tetapi kejahatan" unjuk rasa ini diselenggarakan oleh Collectif Contre l'Islamophobie en Prancis.

Sebelumnya, pada Oktober 2019 lalu, seorang pria dengan koneksi sayap kanan melepaskan tembakan di sebuah masjid di kota Bayonne, Perancis. Hal tersebut mengejutkan warga Perancis dan memicu kemarahan atas serangan itu.

Dilansir Global News, Senin, (11/11/2019) Para anggota dari partai sayap kiri ikut ambil bagian dalam aksi ini meski beberapa diantaranya menjauh karena takut mengancam tradisi sekularisme Perancis.

"Kami melakukan demonstrasi setelah peristiwa serangan di masjid Bayonne, untuk memastikan kebebasan beragama dan pemikiran yang menyertainya," kata Ketua Partai Perancis , Jean-Luc Melenchon.

Menteri Kesetaraan Perancis, Marlene Schiappa mengungkapkan demonstrasi itu adalah protes terhadap sekularisme "di bawah penyamaran memerangi diskriminasi."

Menurut survey Ifop awal bulan ini, lebih dari 40 persen muslim mengatakan mereka merasakan diskriminasi agama di Perancis. Islam adalah agama terbesar kedua di Perancis, yang memiliki minoritas Muslim terbesar di Eropa Barat. (waf/globalnews/dbs)

 

 

Baca juga:

Redam Islamophobia, Tiga Kepala Negara Ini Sepakat Hadirkan TV Islam


Back to Top