Kadiv BEI Sebut Indonesia Miliki Pasar Modal Syariah Pertama di Dunia

gomuslim.co.id - Kepala Divisi Pasar Modal Syariah Bursa Efek Indonesia (BEI) Irwan Abdalloh mengatakan, kini Indonesia memiliki pasar modal syariah pertama kali di dunia. Sejatinya dana wakaf bisa membantu mensejahterakan masyarakat. Melalui dana tersebut masyarakat kurang sejahtera bisa diangkat perekonomiannya. Dana Wakaf bisa dikelola sebagai modal berkelanjutan sesuai dengan syariat Islam.

"Saat ini pasar modal syariah indonesia adalah salah satu sumber wakaf produktif yang potensial, pertama di dunia,"katanya saat mengisi talkshow Sustainable Finance Wakaf Pro on Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) di JCC, Jakarta Selatan, pada Rabu, (13/11/2019).

Ia mengungkapkan, Selama ini dana wakaf disalurkan dengan cara lama atau biasa. Dana wakaf bisa dikelola untuk kelangsungan perekonomian masyarakat. BEI tengah mempersiapkan perusahaan di mana di dalamnya menggunakan metode bisnis dan keuangan secara syariah. Hal ini juga berkaitan dengan pengelolaan dana wakaf.

 

Baca juga:

PT Danamon dan Adira Finance Tawarkan Pembiayaan Pemilikan Rumah dengan Akad Syariah

 

Salah satu contoh pengelolaan dana wakaf produktif ini dilakukan di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Di daerah tersebut, dana wakaf dikelola menjadi usaha yakni membuka lahan perkebunan sawit. Masyarakat bisa bertani dari lahan perkebunan sawit ini.

Sementara iyu, Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noordin menerangkan, dana wakaf di daerahnya memang dikelola menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, tak lain dikelola menjadi perkebunan kelapa sawit.

“Hal ini merupakan konsep praktis terkait dengan pengelolaan dan zakat. Saya dan teman-teman di Banyuasin mencoba berniaga dengan konsep ekonomi syariah," terang Dodi.

Lanjut Dodi, adanya dana wakaf dan zakat tujuan utamanya mensejahterkan masyarakat. Karena itu, dana wakaf dialokasikan jadi dana wakaf produktif menjadi lahan perkebunan kelapa sawit. (hmz/okezone/dbs)

 

 

Baca juga:

Dorong Perbankan Syariah, OJK Gelar Islamic Banking di Balikpapan


Back to Top