Pria asal Bosnia Ini Rela Tempuh 10.500 Kilometer untuk Masuk Islam

gomuslim.co.id – Hidayah Islam bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja, mutlak kehendak Allah SWT. Demikian juga terjadi pada pemuda dari Republik Bosnia-Herzegovina, Zoran Ludgiv yang memilih untuk masuk Islam di Indonesia.

Meski menjadi penyandang disabilitas dan kelumpuhan, tidak menghalangi Zoran (32 tahun) untuk datang seorang diri dari Bosnia ke Indonesia. Zoran, secara resmi dibimbing masuk Islam di kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jakarta oleh Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Risman Mochtar, Selasa (13/11/2019), lalu.

“Sebelumnya ada komunikasi dengan seorang kawan di PDM Bengkulu melalui facebook, beliau (Zoran) mengharapkan bantuan untuk masuk Islam. Kawan kita ini meminta untuk melakukannya di PP Muhammadiyah, apalagi beliau pernah ke Jakarta. Semua, memakai biaya dari Zoran,” kesan Buya Risman.

 

Baca juga:

Pengendara Moge HD asal AS Ini Putuskan Jadi Mualaf Usai Kecelakaan dan Tertarik pada Kegiatan Salat

 

Zoran adalah salah satu mualaf yang dibimbing oleh Majelis Tabligh PP Muhammadiyah. Menurut Buya Risman, selama ini banyak mualaf dari Jepang, Korea, Belanda hingga Nigeria. Tetapi, sayangnya belum ada database yang memadai untuk melakukan pendataan mereka.

“Ini salah satu kekurangan dan kelemahan kita. Semoga nanti bisa kita perbaiki,” ujar Buya Risman.

Mualaf adalah sebutan bagi orang non-muslim yang mempunyai harapan masuk agama Islam atau orang yang baru masuk Islam. Dalam Alquran Surat At-Taubah Ayat 60 disebutkan bahwa para mualaf termasuk orang-orang yang berhak menerima zakat. Para mualaf ini juga berhak mendapat bimbingan dan pembinaan agama Islam dari dasar hingga lanjut. (jms/muhammadiyah)

 

 

Baca juga:

Perkuat Pembinaan, BAZNAS Jabar Siap Bangun Mualaf Center 

 


Back to Top