International Halal Accreditation Forum Sambut Enam Negara sebagai Anggota Baru

gomuslim.co.id - Forum Akreditasi Halal Internasional, International Halal Accreditation Forum  (IHAF), platform akreditasi halal perintis dunia, menyambut mitra baru dari enam negara, termasuk Jepang, Kosta Rika, Bulgaria, Belarus, Sudan dan Republik Korea, meningkatkan keanggotaannya untuk mencakup 37 negara.

Pada rapat Dewan Direksi keenam dan pertemuan Majelis Umum keempat IHAF, yang diadakan baru-baru ini di Frankfurt, Jerman, IHAF menyetujui keanggotaan Badan Akreditasi Jepang Yayasan Kepentingan Publik, Badan Akreditasi Kosta Rika, Badan Eksekutif - Layanan Akreditasi Bulgaria, Pusat Akreditasi Belarusia, Dewan Akreditasi Sudan dan Dewan Akreditasi Korea.

Mereka yang hadir dalam pertemuan tersebut juga membahas Laporan Ekspansi IHAF, Strategi IHAF untuk tahun 2020 hingga 2024, laporan pencapaian dari komite internal, serta pembaruan dan kemajuan kegiatan evaluasi sejawat dan rencana program pengembangan di bidang halal.

Rehab Faraj Al Ameri disetujui sebagai Sekretaris Jenderal IHAF baru untuk tahun 2019 hingga 2022.

 “IHAF berkomitmen untuk meningkatkan perdagangan halal internasional dengan bekerja dengan berbagai badan akreditasi di seluruh dunia, dan sebagai Sekretaris Jenderal yang baru, Fokus saya adalah memastikan pertumbuhannya yang berkelanjutan. Minat yang kuat dari negara-negara lain untuk bergabung dengan forum ini menunjukkan bahwa mereka telah menetapkan standar yang tinggi, dalam hal mengadopsi standar dan prosedur akreditasi halal yang terpadu,” kata Dr. Al Ameri, seperti dilansir dari publikasi HalalFocus, Kamis, (14/11/2019).

Selama pertemuan, IHAF juga mengumumkan anggota baru Dewan Direksi dan Komite untuk 2019 hingga 2022.

Afiliasi Direksi untuk jangka waktu 2019 hingga 2022 termasuk Sistem Akreditasi Nasional Emirates, Pusat Akreditasi Saudi, Pusat Akreditasi GCC, Dewan Akreditasi Nasional Pakistan, Dewan Akreditasi Mesir, L'Ente Italiano di Accreditamento Italia, Dewan Standardisasi Nasional Thailand dan Komoditas Pertanian dan Standar Pangan, Otoritas Akreditasi Nasional Hongaria dan Asosiasi Akreditasi Laboratorium.

Untuk Kursi Komite, Majelis Umum memperkenalkan Brahim Houla dari GAC-GCC sebagai Ketua Komite Pengaturan Pengakuan Multilateral baru, Saud Alaskar dari SAC-KSA sebagai Ketua Komite Penasihat Teknis yang baru, dan Mohamed Abdelmotagaly Aly dari Emirates International Accreditation Center sebagai yang baru Ketua Komite Pemasaran dan Media.

IHAF juga telah menetapkan majelis berikutnya untuk BOD dan komite untuk bertemu bersama Platform Halal Global pada 18 Februari, 2020, bersamaan dengan Gulf Food week di Dubai. (fau/halalfocus/dbs)

 

Baca juga:

Lembaga Sertifikasi Halal Amerika Tawarkan Kerjasama dengan BPJPH


Back to Top