Launching Wakaf Saham, PPPA Darul Quran Ajak Umat Tabung Amal Lewat Wakaf

gomuslim.co.id – Wakaf saham kini menjadi salah satu tren dalam dunia perwakafan di Indonesia. Sejumlah lembaga mulai menggulirkan program wakaf saham guna memberikan manfaat yang lebih besar bagi umat Islam di Indonesia. Salah satu yang meluncurkan wakaf saham adalah PPPA Darul Quran.

Peluncuran program wakaf saham PPPA Daarul Qur’an melalui Wakaf Daqu berlangsung pada Kamis (14/11/2019). Hasil penghimpunan dari wakaf saham, reksadana dan dividen digunakan untuk pembangunan Institut Daarul Qur’an (Idaqu); Lembaga pendidikan setara perguruan tinggi untuk para penghafal Alquran dan masyarakat umum khususnya anak-anak dhuafa.

Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an, Abdul Ghofur mengatakan pengelolaan wakaf saham ini bekerja sama dengan Paytren Aset Manajemen (PAM) dan Samuel Sekuritas Indonesia.

“PAM sendiri merupakan pengelola investasi syariah pertama dan terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Ia menyebut, status saham yang telah diwakafkan akan selamanya milik Allah. Dengan kata lain, saham tersebut tidak bisa dialihkan, diperjualbelikan, maupun diwariskan. Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat dan donatur untuk ikut menabung amal melalui wakaf.

“Jadikan wakaf sebagai investasi abadi di akhirat kelak. Sejatinya harta dunia tak akan berguna sedikit pun bagi kehidupan di akhirat, kecuali harta tersebut digunakan di jalan Allah. Insya Allah, pahala dari pembangunan Idaqu untuk generasi tahfizhul Qur’an akan terus mengalir kepada Anda,” tuturnya.

 

Baca juga:

Global Wakaf Edukasi Milenial Lewat Portofolio Aset Produktif

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Fuad Nasar mengatakan wakaf bisa membangun sejumlah hal bermanfaat seperti pembangunan masjid, sekolah, asrama dan fasilitas umum lainnya. Menurutnya, manfaat wakaf sangat besar bagi keberlangsungan dakwah maupun kesejahteraan bagi umat Islam.

Fuad mengatakan potensi zakat di Indonesia mencapai Rp217 triliun. Kendati begitu, prosentase pengumpulannya baru tiga persen dari total potensi itu. Di sisi lain, Badan Wakaf Indonesia menyebut potensi aset wakaf per tahun mencapai angka Rp2.000 triliun dengan luas area tanah wakaf hingga 420 ribu hektar.

“Wakaf di masa kini harus dikelola kreatif tidak hanya soal tanah wakaf saja. Salah satunya memanfaatkan geliat pertumbuhan pasar modal syariah di Indonesia yang terus tumbuh dan memiliki produk yang bervariasi,” katanya.

Untuk itu, Fuad menyambut baik program wakaf saham oleh PPPA Darul Quran yang menjadi upaya untuk menyediakan pendidikan tinggi bagi para penghafal Al Quran. Wakaf jika dikelola dengan baik dapat dirasakan manfaatnya misalnya untuk pembiayaan pendidikan.

"Dengan adanya wakaf saham ini diharapkan menjadi bentuk tanggung jawab sosial bagi umat Islam untuk membangun peradaban yang lebih baik," tutupnya. (jms/daqu)

 

 

Baca juga:

Gandeng HP Sekuritas, Global Wakaf Hadirkan Layanan Wakaf Saham


Back to Top