Dorong Bakat Pemuda, Misk Initiatives Center Saudi Tandatangani 12 Kesepakatan

gomuslim.co.id - Misk Initiatives Center Yayasan Pangeran Mohammed bin Salman telah menandatangani 12 nota kesepahaman (MoU)  dengan perusahaan lokal dan internasional untuk mendukung dan mengembangkan bakat kaum muda. Kerjasama tersebut dilakukan di sela-sela Forum Global Misk di Riyadh baru-baru ini. 

Di antara perusahaan-perusahaan itu adalah raksasa teknologi Cina, Huawei, perusahaan minyak Prancis Total, Otoritas Pemuda Federal Emirati, dan Kementerian Ekonomi dan Perencanaan.

Perjanjian tersebut menetapkan kerja bersama antara kedua pihak di bidang pengembangan bakat di Arab Saudi dan teknologi informasi dan komunikasi, sesuai dengan Program Transformasi Nasional 2020 dan Visi Kerajaan 2030.

“Inisiatif ini bertujuan untuk menemukan cara kerja sama dan peluang kerja antara kedua pihak. MoU yang ditandatangani antara pusat dan Otoritas Pemuda Federal Emirat menyediakan untuk peningkatan kerja sama dalam mendukung kaum muda,” demikian seperti dilansir dari publikasi Arab News, Selasa, (19/11/2019).

Kedua pihak akan berusaha membahas kerja sama di masa depan, untuk membangun kemitraan strategis dalam mengeksplorasi peluang kerja sama yang potensial sekaligus menetapkan kerangka kerja untuk kerja sama tersebut, selain mengatur pertukaran teknologi dan inovasi melalui organisasi bersama kursus, forum dan lokakarya.

MoU ini bertujuan untuk menciptakan dialog ilmiah khusus antara kedua pihak, melakukan penelitian bersama di lembaga-lembaga di bidang kewirausahaan dan keterampilan masa depan, mempertimbangkan peluncuran inisiatif bersama, dan memeriksa kemungkinan program kerjasama berdasarkan pengalaman luas dari Misk dan Otoritas Pemuda Federal.

Perjanjian Misk's Initiatives Center dengan Total akan mempromosikan kerja sama bersama, menemukan peluang pelatihan untuk bakat Saudi di kantor pusat dan fasilitas perusahaan, dan bekerja sama pada program pendidikan yang mendukung kewirausahaan dan ekosistem bagi perusahaan pemula, terutama di bidang energi dan teknologi.

Forum Global Misk juga menyaksikan penandatanganan MoU dengan "Hub71" untuk mempromosikan pembelajaran dan kepemimpinan di kalangan pemuda Saudi, dan meningkatkan peluang untuk kolaborasi bersama, di samping dua MoU dengan 500 startup dan bintang unggulan.

Ini untuk mempromosikan kerja sama antara kedua pihak dalam mengembangkan dan menumbuhkan bisnis startup dan menyediakan mereka dengan yang diperlukan lingkungan Hidup.

Misk juga menandatangani MoU dengan Lembaga Publik untuk Pendidikan dan Kepemimpinan Global untuk mempromosikan kerja sama bersama dan mencapai tujuan kedua belah pihak, untuk mendukung inisiatif inovasi yang menanamkan pola pikir kewirausahaan kaum muda, serta pembentukan dan organisasi pendekatan kewirausahaan.

 

Baca juga:

Pemerintah Riyadh Siap Gelar Anime Expo 2019 Pertama di Saudi

 

Kedua pihak sepakat untuk fokus mengeksplorasi peluang kolaboratif potensial yang terkait dengan Piala Dunia Kewirausahaan, dan membangun kompetisi dengan pesaing yang berasal dari 170 negara.

Selain itu, kedua pihak juga sepakat untuk mendukung kompetisi internasional yang bertujuan mengidentifikasi solusi terbaik di berbagai bidang dan sektor, serta bertukar program tentang kewirausahaan dan inovasi.

Pusat ini telah menandatangani MoU dengan Dana Pengembangan Industri Saudi untuk membahas kemungkinan menyediakan program pelatihan dan kursus untuk karyawan IMF dan pejabat terkait. Selain membahas peluang yang tersedia untuk pelatihan kerja sama di dalam IMF, dan memberikan peluang untuk partisipasi dan kontribusi staf IMF dalam program Misk.

MoU ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat dari perjanjian yang ada antara kedua pihak dengan lembaga keuangan dan pendidikan internasional, untuk menemukan peluang yang menyediakan program, pelatihan dan kursus pendidikan, dan pemberian pelatihan kerja sama untuk pemuda Saudi di lembaga-lembaga global tersebut.

Pusat ini juga menandatangani MoU dengan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Islam (ISESCO), yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bersama dalam teknologi pendidikan dan integrasinya ke dalam sistem pendidikan di dunia Islam.

MoU dengan Universitas Sains dan Teknologi King Abdullah (KAUST) akan meningkatkan kerja sama antara kedua pihak dalam beberapa inisiatif, termasuk pengembangan akademik, pelatihan, kewirausahaan dan program inovasi.

Nota Kesepahaman dengan Endeavour Arab Saudi akan mendukung kaum muda Kerajaan, meningkatkan bakat dan potensi mereka, merangsang pertumbuhan ekonomi, dan menemukan cara kerja sama antara kedua pihak yang melayani kepentingan bersama mereka.

MoU pusat dengan Kementerian Ekonomi dan Perencanaan bertujuan untuk menyebarkan kesadaran, memberikan informasi baru tentang pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia di bidang administrasi dan ekonomi, pemberdayaan pemuda, dan mengoordinasikan upaya untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Nota Kesepahaman bertujuan untuk menciptakan peluang pelatihan kerja sama di lembaga-lembaga lokal dan internasional dengan tujuan pertumbuhan tenaga kerja di sektor ekonomi Kerajaan, memberikan kontribusi pada pengembangan kompetensi nasional dalam ekonomi, kebijakan dan prosedur, perencanaan strategis, di samping menyediakan peluang kerja bagi lulusan dari daerah yang melayani kepentingan kedua belah pihak dan mendukung pencapaian Visi Kerajaan 2030. (jms/arabnews)

 

 

Baca juga:

Proyek Bandara New Jeddah Jadi Wadah Belajar bagi Arsitek Muda


Back to Top