Bidik Pasar Muslim Indonesia, Shopee Hadirkan Fitur Syariah

gomuslim.co.id – Perusahaan e-commerce Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee mulai serius menggarap pasar Muslim di Indonesia. Salah satu upayanya dengan meresmikan fitur khusus bernama Shopee Barokah.

Inovasi ini dilakukan untuk merespons besarnya potensi dan permintaan pasar syariah di Indonesia yang telah berkembang secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Lewat fitur syariah ini, Shopee menyediakan kanal khusus untuk ragam produk dan layanan syariah mulai dari fashion muslimah, kecantikan, hingga zakat dan donasi.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan fitur baru tersebut merupakan wujud komitmen Shopee untuk terus berinovasi sebagai one-stop solution dalam memenuhi kebutuhan pasar muslim di Indonesia. Hal ini juga dalam rangka membantu UMKM agar lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masuk ke ranah online.

“Dengan menghadirkan fitur khusus yang mencakup berbagai produk dan layanan syariah, kami berharap ini dapat menjadi salah satu bentuk pemanfaatan kanal e-commerce untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah sesuai dengan agenda pemerintah," ujarnya, Jumat (22/11/2019).

Ia menambahkan, Shopee Barokah juga bermitra dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, Rumah Zakat, serta lembaga kemanusiaan lainnya untuk memudahkan para pengguna setia Shopee dalam berdonasi dan menunaikan zakat. Ke depannya, Shopee Barokah juga akan melengkapi kanalnya dengan pengingat waktu salat dan Alquran.

Dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin di Kantor Wakil Presiden, Shopee menjabarkan beberapa inovasi yang akan menjadi fokus pengembangan tahun 2020 sebagai wujud pemahaman akan potensi pasar syariah yang terus bertumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

 

Baca juga:

Bidik Partisipasi Investor, MKES Rilis Sistem Online Trading Syariah

 

Shopee juga kembali menegaskan komitmennya untuk turut serta meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi santri dan masyarakat pondok pesantren. Upaya ini merupakan bagian dari implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Untuk ini, Shopee bekerja sama dengan kementerian dan lembaga pemerintah terkait untuk menjalankan program Santripreneur yang sebelumnya telah berhasil dijalankan di beberapa pesantren di seluruh Indonesia. Ditambah, Shopee juga turut melaporkan progres program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal untuk Global” ke Malaysia dan Singapura yang telah diluncurkan pada awal tahun ini.

Sebagai bentuk riil upaya pemanfaatan perkembangan e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia, beberapa pelaku UMKM terpilih telah menjalankan program edukasi guna mengasah kualitas dan daya saing mereka sebelum menghadapi pasar global. Para pelaku UMKM terpilih berhasil mencatatkan progres yang sangat baik dalam program ekspor pertamanya.

Setelah terlibat dalam kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang serentak diselenggarakan di semua negara tempat Shopee beroperasi, para pelaku UMKM terpilih dalam program ekspor Kreasi Nusantara “Dari Lokal Untuk Global” berhasil mencatatkan peningkatan transaksi 3 kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa.

KH Ma’ruf Amin menyambut baik upaya pelaku e-commerce seperti Shopee yang turut mendukung percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia. Wapres berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Melalui pertemuan hari ini, pemerintah akan selalu mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan,” katanya. (jms/rls/sindo)

 

Baca juga:

Mundur dari Jadwal Awal, Fitur Syariah LinkAja Akan Rilis Akhir Ini

 


Back to Top