Forum Ekonomi Islam Italia Bahas Perkembangan Ekonomi Kreatif di Pasar Global

gomuslim.co.id - Pusat Pengembangan Ekonomi Islam Dubai, Dubai Islamic Economy Development Centre (DIEDC) berpartisipasi dalam edisi keempat dari Forum Ekonomi Islam Turin (TIEF) sebagai mitra strategis acara dua tahunan yang berupaya menyoroti dampak keuangan Islam terhadap pembangunan sosial-ekonomi. DIEDC memimpin delegasi UEA di TIEF bersama dengan Otoritas Seni dan Budaya Dubai (Budaya Dubai) yang mendukung Forum sebagai mitra internasional.

Berjalan di bawah tema 'Menciptakan Lingkungan yang Holistik untuk Ekonomi Islam', pertemuan tiga hari ini dihadiri para pakar, akademisi, peneliti, dan eksekutif di Turin, Italia, untuk membahas topik-topik penting, termasuk fintech, blockchain, kecerdasan buatan, kebijakan perkotaan, kebijakan dampak sosial, dan ekonomi Islam kreatif.

Forum ini menampilkan dua meja bundar yang diselenggarakan oleh KTT Ekonomi Islam Global yang menarik partisipasi DIEDC, Budaya Dubai, Universitas Uni Emirat Arab, Otoritas Freezone Bandara Dubai (DAFZA), Pusat Perdagangan dan Pemasaran Halal, dan Asuransi Kredit Etihad.

Hala Badri, Direktur Jenderal Kebudayaan Dubai mengatakan Ekonomi Kreatif Islam adalah pasar global yang sedang tumbuh dan Dubai merupakan pusatnya. Hal ini dapat secara luas didefinisikan sebagai setiap kegiatan ekonomi yang meliputi produksi budaya atau kreatif, acara dan kegiatan budaya, yang berasal dari Islam, terkait dengan atau terinspirasi oleh tradisi Islam. Seluruh ekosistem budaya kita dibangun di atas model ini dan sangat penting untuk membahas ini di tingkat internasional dan strategis.

Selain itu, Abdulla Mohammed Al Awar, CEO DIEDC menekankan bahwa ekonomi Islam adalah salah satu sistem ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia karena potensinya yang nyata dan perannya yang penting dalam integrasi ekonomi dan investasi yang bertanggung jawab.

Dia mencatat bahwa partisipasi UEA dalam TIEF mencerminkan keinginan negara untuk berbagi praktik terbaik dalam ekonomi Islam dan bertukar pengalaman dengan pasar internasional yang tertarik untuk mencapai ekonomi yang etis dan berkelanjutan.

 "Partisipasi Centre di TIEF 2019 memperkuat posisi Dubai sebagai pelopor dalam inovasi teknologi dan menanggapi tren terbaru yang mendominasi lanskap ekonomi. Mereka juga meningkatkan kesadaran tentang potensi kreatif Dubai dan kemajuan dalam mengembangkan sektor ekonomi Islam kreatif,” jelasnya.

Adapun, sesi kedua forum ini berjudul 'Masa Depan Ekonomi Islam: Memperkenalkan Blockchain dan Kecerdasan Buatan', membahas cara optimal memanfaatkan teknologi modern di UEA dan pasar tetangga. Percakapan berkisar seputar adopsi cryptocurrency dalam entitas keuangan Islam dan dampak implementasi teknologi di sektor ekonomi Islam pada kerangka kerja peraturan. (fau/halalfocus/dbs)

 

Baca juga:

Pelajar Muslim Italia Minta Pihak Sekolah Sediakan Makanan Halal di Kantin


Back to Top