Pemerintah Aceh Gelar MQK untuk Jaga Tradisi Membaca Kitab Kuning

 

gomuslim.co.id - Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah menggelar Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) sebagai upaya pelestarian tradisi membaca Kitab kuning, baik di kalangan santri dayah maupun di masyarakat. MQK tahun 2019 yang memperlombakan 10 cabang lomba akan berlangsung di Asrama Haji Embarkasi Aceh hingga Selasa, (03/12/2019) esok, diikuti 500 peserta dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah mengungkapkan penyelenggaraan kegiatan di tingkat provinsi tersebut merupakan upaya meningkatkan kembali perhatian dan kecintaan para santri terhadap kitab kuning.

"Seiring perkembangan zaman, penggunaan kitab kuning sebagai literatur utama mulai berkurang, karenanya membaca kutub at-turats atau kitab gundul yang juga sering disebut dengan kitab kuning sebagai tradisi dayah perlu untuk dilestarikan," ungkapnya saat membuka MQK tingkat Provinsi Aceh di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu malam (30/11/2019).

 

Baca juga :

MQK Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2019 Berlangsung di Tasikmalaya

 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kembali perhatian dan kecintaan para santri terhadap kitab kuning. Ajang itu diharapkan dapat memotivasi santri untuk mempelajari, mendalami, dan memahami kitab kuning dengan baik.

"Musabaqah ini harusnya juga dapat memotivasi para santri untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, sehingga nanti akan muncul prestasi para santri yang mungkin selama ini tidak pernah kita dengar informasinya," katanya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah Elmadny, menuturkan pemerintah mengagendakan akan menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda dwi-tahunan yang akan digelar di kabupaten dan kota lain di Aceh.

"Gagasan Plt Gubernur untuk menyelenggarakan Musabaqah Qiraatil Kutub ini alhamdulillah mendapatkan sambutan luar biasa. Semua kabupaten kota berpartisipasi tanpa satu pun yang absen," ujar Usamah. (waf/kumparan/dbs)

 

 

Baca juga :

Kemenag Kota Yogyakarta Gelar Kompetisi Membaca Kitab bagi 400 Santri


Back to Top