Tutup Sarkofagus Era Romawi Dipakai di Masjid Turki

gomuslim.co.id - Para arkeolog menemukan bahwa sebuah masjid di provinsi Gaziantep, Turki tenggara, tanpa disadari telah menggunakan tutup sarkofagus Romawi kuno sebagai batu "musalla". Batu ini merupakan lempengan yang biasanya terbuat dari marmer di mana peti mati bersandar pada waktu salat duka.

Menurut penduduk setempat, tutup sarkofagus seberat 850 kilogram itu dibawa ke masjid Örtülü pada tahun 1984. Saat itu, masjid membutuhkan lempengan baru setelah yang lama rusak. Penduduk setempat menemukan tutupnya di daerah pedesaan dan membawanya ke masjid dengan traktor mereka.

Salah satu warga, Mehmet Kaçar mengatakan dua tahun lalu, sekelompok pengunjung memperingatkan masyarakat bahwa lempengan itu tampak seperti artefak sejarah dan mendesak mereka untuk menghubungi pihak berwenang.

Seorang arkeolog yang bekerja untuk pemerintah daerah kemudian mengkonfirmasi bahwa lempengan itu memang bersejarah, dan milik era kekaisaran Romawi.

 

Baca juga:

Pemerintah Turki Pertegas Dukungan Muslim untuk Palestina

 

Kaçar mengatakan setelah mereka mendengar itu adalah artefak, mereka kemudian merenungkan apakah akan membawanya kembali ke tempat asal menemukan atau tetap di tempatnya. Tetapi akhirnya masyarakat memutuskan untuk menyimpannya.

"Kami khawatir akan merusaknya jika kami mencoba memindahkannya. Ini tidak seperti sedang rusak di sini. Kami sangat memperhatikannya," katanya seperti dilansir dari publikasi Daily Sabah, Senin, (02/12/2019).

Untuk diketahui, Sarkofagus merupakan suatu tempat untuk menyimpan jenazah. Sarkofagus umumnya dibuat dari batu. Sarkofagus sering disimpan di atas tanah oleh karena itu sarkofagus seringkali diukir, dihias dan dibuat dengan teliti.

Beberapa dibuat untuk dapat berdiri sendiri, sebagai bagian dari sebuah makam atau beberapa makam sementara beberapa yang lain dimaksudkan untuk disimpan di ruang bawah tanah. (jms/dailysabah)

 

 

Baca juga:

Segera Dibuka, Masjid Turki Ini Bakal Jadi yang Terbesar di Afrika Timur


Back to Top