Dubai Posisi ke-7 sebagai Kota yang Paling Banyak Dikunjungi di Dunia Tahun 2019

gomuslim.co.id - Dubai akan mempertahankan posisi ketujuh dari 10 destinasi paling banyak dikunjungi di dunia. Sementara di Timur Tengah dan Afrika, Dubai menempati peringkat nomor satu dengan menarik lebih dari 16,3 juta wisatawan tahun ini.

Laporan 100 Kota Destinasi terbaik dari Euromonitor International 2019 menyebutkan, Dubai membangun kinerja yang kuat dalam jumlah kedatangan wisatawan internasional tahun lalu. Terutama karena ketersediaan visa transit gratis selama dua hari dan berbagai penawaran taman hiburan.

Dilansir dari publikasi Khaleej Times, Kamis, (05/12/2019), laporan tersebut menunjukkan bahwa Dubai berpacu di depan Kota New York, Istanbul, Kuala Lumpur, dan Roma, dengan kedatangan turis Dubai untuk 2019 diperkirakan melampaui kota-kota ini, di antara banyak kota lainnya.

Di garis depan global, Hong Kong diperkirakan akan mempertahankan posisinya sebagai kota yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan 26,72 juta pengunjung meskipun terjadi kerusuhan politik yang berkelanjutan.

Bangkok dan London akan mengamankan posisi kedua dan ketiga dengan perkiraan 25,85 juta dan 19,56 juta pengunjung tahun ini. Makau, Singapura dan Paris juga tetap berada di depan Dubai. Tetapi kesenjangan ini diperkirakan akan menyusut secara signifikan pada tahun 2020 ketika Dubai mengharapkan gelombang besar pengunjung untuk World Expo pada bulan Oktober.

"Kota ini akan terus mendominasi peringkat tahun ini, berkat investasi yang lebih besar di sektor pariwisata serta infrastruktur, dan lebih fokus pada memberikan inisiatif yang mempromosikan pariwisata, seperti visa transit gratis untuk pelancong selama dua hari," kata Rabia Yasmeen, analis senior untuk Project Lead Travel di Euromonitor International.

Dubai menyambut 15,92 juta pengunjung tahun lalu dan berada di jalur yang melewati batas 16 juta untuk pertama kalinya pada tahun 2019. Emirat ini menargetkan 20 juta wisatawan pada tahun 2020 menjelang pameran mega enam bulan yang panjang, Expo 2020 pada bulan Oktober. Ini menetapkan target 21 juta hingga 23 juta wisatawan pada 2022 dan 25 juta pengunjung pada 2025.

Atik Munshi, mitra senior di Crowe, mengatakan Dubai telah memperoleh penerimaan di seluruh dunia sebagai tujuan pilihan bagi jutaan orang. Dia tidak heran bahwa Dubai telah mendapatkan tempat tinggi dalam laporan Euromonitor di kota-kota yang paling banyak dikunjungi.

"Alasan utama daya tarik Dubai dapat digambarkan sebagai konektivitas yang mudah baik untuk pelancong bisnis maupun rekreasi, banyak atraksi dan tempat yang efektif untuk dikunjungi bagi pengunjung agar sesuai dengan selera orang-orang apakah mereka berasal dari Asia, Eropa atau Amerika," kata Munshi.

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Dubai Jadi Kota Wisata yang Wajib Kunjung pada Tahun 2020

 

Selain itu, ia mengatakan kapasitas besar di kamar perhotelan untuk mengakomodasi pengunjung dengan ukuran saku yang berbeda, acara bisnis yang berlimpah, pameran, fasilitas, dan lokasi yang bertindak sebagai magnet bagi komunitas bisnis dari seluruh dunia.

Kemudian tingkat keamanan dan stabilitas politik tertinggi ditambah dengan infrastruktur terbaik yang menumbuhkan kepercayaan diri untuk setiap pengunjung atau penduduk juga menguntungkan sektor pariwisata Dubai.

Laurent A. Voivenel, wakil presiden senior, Operasi dan Pengembangan untuk Timur Tengah, Afrika dan India untuk Swiss-Belhotel International, mengatakan ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap Dubai yang berada di peringkat di antara tujuan utama dunia. Menurutnya, pilihan hotel yang luar biasa adalah salah satunya.

Dia mengatakan fondasi kuat yang telah ditetapkan oleh otoritas pariwisata melalui perluasan portofolio atraksi dan fasilitas, diversifikasi pasar sumber, kolaborasi antara berbagai sektor bisnis semua akan membantu mempercepat laju pertumbuhan Dubai ke masa depan.

"Industri perhotelan di Dubai berada di jalur yang tepat untuk mengakomodasi 25 juta pengunjung yang diharapkan untuk Expo 2020. Kami menyaksikan 7,6 persen pertumbuhan suplai kamar per tahun dengan kota ini diharapkan akan menambah lebih dari 56.000 kamar hotel baru pada tahun 2020," jelas Voivenel.

Di kawasan Timur Tengah dan Afrika, Makkah (9,83 juta), Madinah (8,82 juta), Kairo (6,81 juta) dan Riyadh (5,45 juta) mengikuti Dubai untuk mengamankan posisi di lima destinasi paling banyak dikunjungi di kawasan itu. Oman dan Qatar melaporkan penurunan jumlah kedatangan mereka.

Rabia Yasmeen dari Euromonitor International mengatakan telah ada peningkatan fokus pada peningkatan penawaran wisata dari Timur Tengah dan benua Afrika, dan negara-negara bekerja untuk memasarkan medan alami dan membuka lokasi baru untuk menjaga kawasan ini kompetitif.

"Kota-kota terkemuka dengan infrastruktur yang baik, seperti Dubai dan Riyadh, berinvestasi di tempat hiburan yang lebih besar seperti taman hiburan, konser, kesehatan dan kebugaran dan pariwisata medis," katanya.

Laporan 100 kota tujuan teratas menunjukkan bahwa tujuan Asia mengambil bagian terbesar dari daftar, dengan lebih dari 40 entri. Secara keseluruhan, 2019 melihat lebih banyak perjalanan daripada sebelumnya karena jumlah wisatawan telah tumbuh lebih dari 4 persen tahun ini menjadi lebih dari 1,5 miliar perjalanan. (jms/khaleejtimes)

 

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Ini Ragam Destinasi Wisata di Dubai untuk Semua Generasi


Back to Top