#PARISRISKA

Ini Tips dari Ustadz Bendri Jaisyurrahman agar Bisa Membawa Keluarga Menuju Surga

gomuslim.co.id - Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga macam, yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang selalu mendoakannya.''

Salah satu poin dalam hadis tersebut adalah bagaimana mempersiapkan anak untuk menjadi anak saleh. Dalam artian yang lebih luas, mendidik anak agar menjadi anak saleh merupakan salah satu cara agar dapat berkumpul di surga.

Hal itu disampaikan oleh Ustadz Bendri Jaisyurrahman dalam Pengajian Akhir Pekan Remaja Islam Sunda Kelapa (PARIS) pada Jumat malam, (6/11/2019) yang diselenggarakan oleh Komunitas Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA).

Dalam kajiannya, Ustad Bendri mengatakan, dalam Surah al-Mukminun ayat 8, malaikat-malaikat yang memikul arsy Allah juga akan meminta kepada Allah supaya ayah dari kalangan orang mukmin dapat dikumpulkan dengan anak ataupun istrinya di akhirat kelak. Katanya, para malaikat itu juga memohon kepada Allah SWT agar para ayah, anak, dan istri, ditempatkan di tempat-tempat yang berdampingan.

Ia menjelaskan, berdasarkan tafsir Ibnu Katsir, ayat ini menunjukkan kedermawanan dan anugerah Allah SWT yang akan mempertemukan seorang ayah dengan anaknya yang mengikutinya dalam keimanan.

 

Baca juga:

Kajian Akhir Pekan Riska: Jangan Salah Pilih, Carilah Teman yang Bisa Bawa Kita ke Surga

 

Allah berfirman dalam surat Ar-Radu ayat 12: “(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama orang-orang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya”

Dijelaskan, maksud ayat ini bahwa Allah akan mengumpulkan seseorang bersama keluarganya, orang tua, istri dan anak-cucunya di surga. Ini adalah dalil satu keluarga bisa masuk surga bersama.

Allah Ta’ala  juga berfirman dalam surat Ath Thuur ayat 21: “Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.”

Karena itu, sebagai orang tua harus menjaga kehalalan makanan, minuman, dan pakaian yang dikenakannya. Hal ini penting, agar semua doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT terkait kebaikan anak-anak tidak akan tertolak. Salah satu tertolaknya doa adalah lantaran mengonsumsi hal-hal yang diharamkan oleh syariah.

“Ajak keluarga masuk surga itu gampang sebenarnya. Berikan makanan dan carilah rezeki yang halal. Setelah itu, ajak anak istri berbuat baik. Taat kepada perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya. Lalu, sebagai seorang suami juga harus memberikan contoh yang baik terhadap mereka. Insya Allah, mereka akan mengikuti, dan semua akan berkumpul bersama di Jannahnya Allah. Aamiin,” ungkap Ustad Bendri.

“Ibnu Abbas berkata, 'Didiklah keluargamu agar taat kepada Allah, menjauhi larangan-Nya, dan nasihati mereka agar senantiasa ingat kepada Allah. Karena, dengan cara ini, mereka akan selamat dari api neraka, insya Allah.' Ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Katsir,” sambungnya.

Selain itu, ada pula cara lain yang ditempuh agar keluarga bisa selamat dari api neraka dan menuju surga. Mulai menjauhkan rumah dari penyebab masuk neraka, seperti tontonan yang tidak mendidik, mendidik keluarga untuk tidak meniru perilaku orang-orang kafir, hingga menanamkan kecintaan kepada tempat-tempat yang disyariatkan untuk dicintai serta menanamkan keimanan kepada anak-anak lewat kisah-kisah nabi dan sahabat. (hmz/gomuslim)

 

Baca juga:

Kajian Akhir Pekan RISKA: Ini Cara Agar Terhindar dari Dosa Ghibah


Back to Top