#TheHalalExpoIndonesia2019

Tiga Hari Digelar, Halal Expo Indonesia 2019 Berhasil Tarik 50 Ribu Pengunjung

gomuslim.co.id – Penyelenggaraan Halal Expo Indonesia (HEI) 2019 resmi berakhir, Ahad, (08/12/2019). President Director Skyconnection, Aryo Wibisono mengklaim acara yang berlangsung selama tiga hari, 06 sampai 08 Desember ini menarik 50 ribu pengunjung dengan total 280 booth yang terlibat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak seperti pengunjung, exhibitor, komunitas, sponsor yang telah berpartisipasi aktif dalam acara HEI 2019. Kami bergembira, senang hati dan bahagia atas suksesnya acara HEI 2019. Ini semata-mata bukan hanya kami, tapi karena Allah serta keterlibatan para stakeholder yang berpartisipasi aktif,” ujarnya.

Aryo mengatakan, visi ke depan dari penyelenggaraan HEI ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai halal. Menurutnya, perkara halal bukan hanya tentang makanan atau minuman. Lebih dari itu, halal juga menyangkut terkait ekonomi dan semua faktor lain di kehidupan masyarakat.

“Kalau kita bicara ekonomi, yang halal/syariah itu lebih adil dibanding yang konvensional karena tidak ada pihak yang dirugikan dalam sebuah transaksi. Dari event ini kita harapkan menjadi sebuah gerakan untuk membangun ekonomi umat,” katanya.

Ia menyebut halal sebagai sesuatu yang fundamental bagi kehidupan manusia agar lebih baik.

“Halal itu sesuatu yang penting, dari hulu ke hilir harus halal. Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari kehalalan. Batasan antara halal dan haram itu ya dari hidup sampai mati. Jadi berawal dari yang halal bermuara ke syurga,” ungkapnya.

Selain itu, Aryo juga menyoroti tentang perkembangan produk halal di Indonesia yang kini semakin pesat. Para produsen di Tanah Air sudah aware tentang kebutuhan manusia. Apalagi mengingat status Indonesia sebagai Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

“Kita lihat permintaan dari masyarakat mengenai produk halal juga sudah tinggi. Tapi sebenarnya alasan kami perlu mensyiarkan halal ini adalah karena masih ada beberapa di masyarakat yang kesadarannya masih rendah. Buktinya masih banyak pinjaman online yang berbasis riba. Itu yang berusaha kita sadarkan,” tuturnya.  

 

 

Baca juga:

HEISpeak: Yuk Tampilkan Keindahan Islam dengan Menjaga Lingkungan!

 

 

Ia pun berharap pemerintah dapat memfasilitasi dan ikut mengedukasi serta mensosialisasikan regulasi halalnya kepada masyarakat. Selain itu, ia meminta pemerintah untuk mempermudah para UKM dan produsen dalam mendapatkan sertifikasi halal.

“Saya dengar pemerintah ini ingin lebih transparan. Semua yang terkait regulasi halal bahkan kabarnya akan meminimalisasi pertemuan manusia dengan manusia (terkait izin). Kami sangat mendukung hal tersebut,” tutupnya.

Hari ketiga penyelenggaraan HEI sendiri dimeriahkan dengan beragam kegiatan. Mulai dari Story Telling Ustadz Cahyo Ahmad Irsyad, Meet & Greet Nussa Rara. Kemudian ada juga empat sesi diskusi berbalut HEISpeak yang mengahdirkan sejumlah narasumber ternama.

Beberapa di antaranya seperti Ustadz Handy Bonny, Adittoro (Nussa), Benakribo, Ustadz Adi Hidayat, Habib Ali Zaenal Abidin Alkaff, dan Ustadz Oemar Mita. Ratusan peserta tampak antusias menyimak pemaparan dari asatidz yang menyampaikan dengan penuh semangat. (jms)

 

 

 

Baca juga:

Eks ‘Rocket Rokers’: Perkara Halal Bukan Hanya Makanan Tapi juga Pikiran


Back to Top