Siswa MAN 2 Probolinggo Raih Juara Dua Catur Pelajar Tingkat Nasional

gomuslim.co.id - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Probolinggo berhasil raih juara 2 di ajang Catur Pelajar Tingkat Nasional Bidak Ganesha ITB’86 Tahun 2019 untuk kelompok SMA putri. Nurul Afni Hanifah atau akrab disapa Hani ini menjadi perwakilan kompetisi.

“Saya awalnya mendapat info tentang lomba ini dari Forum Komunitas Catur dan pendaftarannya melalui WA. Selama lomba, saya didampingi Bapak Arief Lukman Hakim, Ketua Prodistik MAN 2 Kota Probolinggo,” kata Hani, Senin (09/12/2019).

Di babak final, ia melawan Samantha Editsho, peraih Woman FIDE Master (WFM) sebagai Juara Dunia Junior Putri U10 tahun 2018. Samantha diberi izin oleh panitia untuk ikut dalam kejuaraan kelompok SMA Putri walaupun dirinya masih duduk di Sekolah Dasar.

Siswa semester 3 IPA 5 program SKS menjelaskan dirinya bisa mengikuti kejuaraan ini berkat latihan rutin dengan adiknya Hudan melalui aplikasi dan buku catur. Kedepannya, Ia berharap bisa mengikuti event-event lainnya, baik secara nasional maupun internasional.

 

Baca juga :

Siswa MAN 6 Jombang Lolos International Video Competition di Polandia

 

Sebagai pembina, Arief Lukman Hakim mengapresiasi prestasi yang diraih siswanya. Menurutnya, sebagai juara 2, Hani akan mendapat beasiswa kuliah di ITB.

"Bahkan yang juara akan mendapatkan beasiswa tanpa bayar SPP sampai lulus kuliah, yaitu juara 1, 2 dan 3," katanya.

Hal senada diungkapkan Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Mohammad Alfan Makmur, ia berharap siswa lainnya bisa berprestasi diberbagai bidang dan bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit lewat jalur prestasi tanpa tes.

“Saya berharap siswa dapat diterima di Perguruan Tinggi tanpa tes dan bisa berlanjut ke event internasional,” ujarnya.

Sebelumnya Hani pernah meriah juara 1 Catur Puteri Porseni MA Jawa Timur, di Bangkalan Madura tahun 2019. (waf/kemenag)

 

Baca juga :

Pemerintah Tiongkok Siapkan Beasiswa untuk Santri Indonesia


Back to Top