Jelang Natal, Badan Amal Muslim Birmingham Ajak Tunawisma Makan Bersama

gomuslim.co.id - Saat Natal semakin dekat, sebuah lembaga amal Muslim Birmingham, Inggris menyelenggarakan makan siang yang meriah. Lembaga amal ini memberi makan kepada para gelandangan dan tunawisma di kota itu.

Pendiri Purpose of Life, Saj Hussain mengatakan dirinya telah mengatur badan amal bertahun-tahun lalu untuk membantu orang. Aksinya itu terinspirasi dari sebuah hadits Nabi yang mengatakan bahwa seorang Muslim itu bukan mereka yang makan kenyang ketika tetangganya lapar.

"Itu tidak berarti tetangga Muslim saya saja, tetapi itu berarti siapa pun. Tidak peduli siapa mereka atau apa yang mereka yakini,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Birmingham Mail, Sabtu, (14/12/2019).

Dilayani oleh 20 sukarelawan dari usia 8 hingga 40, seratus orang tunawisma menerima makan siang meriah dengan hadiah, permainan, dan makeover pada akhir pekan lalu. Kegiatan ini berlangsung di Kind Aid International di Camden Street di mana para tunawisma diberi makanan panas dan potongan rambut gratis.

 

Tujuan hidup

Hussain percaya aksi amal tersebut adalah misinya dalam hidup untuk merawat yang putus asa dan yang membutuhkan, terlepas dari apa pun kepercayaan mereka.

"Saya tidak ingin ditolak di gerbang ketika waktu saya tiba karena saya hanya menjaga diri saya sendiri. Pernah dikatakan bahwa ada dua hari terpenting dalam hidup kita yaitu hari kita dilahirkan dan hari kita kembali (wafat). Semua ini tidak terjadi secara kebetulan,” katanya.

 

Baca juga:

24 Muslim Inggris Diharapkan Terpilih dalam Pemilu Pekan Ini

 

Ia pun menyarankan agar setiap orang bekerja berdasarkan tujuannya. Proyek amal ini adalah cara Hussain mengucapkan terima kasih kepada Tuhan. “Kami menikmati makan malam yang sangat sukses di bulan Agustus dan ini adalah yang kedua. Tujuan kami adalah agar bisa melakukan ini setiap bulan," tuturnya.

 

Amal

Sebagai salah satu dari Lima Rukun Islam, zakat atau sedekah adalah kewajiban agama bagi semua Muslim yang memenuhi kriteria kekayaan yang diperlukan. Ini merupakan sumbangan amal wajib, hak orang miskin untuk mendapatkan bantuan dari orang kaya, dan dianggap sebagai pajak atau sedekah wajib.

Syariah Islam juga memiliki jenis lain dari donasi opsional yang disebut sedekah. Istilah ini juga digunakan dalam Alquran dan Sunnah untuk zakat dan amal. (jms/birminghammail/aboutislam)

 

 

Baca juga:

Mualaf Inggris Ini Bagikan Sepatu Bermerek Gratis ke Tunawisma


Back to Top