Rumah Sakit di Inggris Kenalkan Produk Hijab Steril Sekali Pakai

gomuslim.co.id - Sebuah rumah sakit di Inggris menjadi rumah sakit pertama yang memperkenalkan hijab sekali pakai. Hijab steril ini nantinya akan dipakai petugas medis di ruang operasi.

Gagasan ini muncul di benak dokter Farah Roslan yang beragama Islam saat menjalani pelatihan di University Hospitals of Derby dan Burton NHS Trust. Menurutnya, hijab yang dipakainya sepanjang hari di rumah sakit rentan menyebabkan infeksi pada pakaian.

"Saya menggunakan hijab yang sama sepanjang hari dan sepertinya ini tidak bersih dan ideal. Namun, saya tidak nyaman kalau harus melepasnya di ruang operasi untuk menghindari infeksi," ungkapnya.

 

Baca juga:

Agar Tak Mudah Rusak, Ini Tips Merawat Hijab

 

Terinspirasi dari Malaysia, negara tempatnya lahir, ia pun menemukan jalan tengah agar bisa berada di ruang operasi tanpa mengesampingkan akidah agamanya. Setelah itu, wanita yang bekerja di Lincolnshire ini mendesain dan menguji kain untuk hijab sekali pakainya itu. Ia pun berharap hijab tersebut bisa diperkenalkan ke seluruh Inggris.

Sementara itu, pembimbing Roslan, dokter bedah Gill Tierney, yakin hijab sekali pakai ini pertama kali diperkenalkan di Inggris.

"Kami tahu masalah semacam ini tak banyak dibicarakan dan tak pernah ditangani secara resmi. Hijab sekali pakai ini tak butuh banyak biaya dan semoga dampaknya akan sangat besar," ucapnya.

Menurut University Hospitals of Derby and Burton NHS Trust, hijab sekali pakai tersebut sudah mulai digunakan sejak awal Desember. (nov/bbc/akurat)

 

 

Baca juga:

World Hijab Day 2019, Momentum Berhijab Para Muslimah


Back to Top