Pemkab Ciamis Siapkan Insentif untuk Guru Ngaji dan Imam Masjid, Ini Nominalnya

gomuslim.co.id – Pemerintah Kabupaten Ciamis akan memberikan insentif untuk para guru ngaji dan imam masjid mulai tahun 2020. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat Halaqah Ulama II di Gedung Islamic Center, Senin, (30/12/2019).

Pemberian insentif ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada 10.800 guru ngaji dan 2.235 imam masjid yang ada di Ciamis. “Mereka telah berjasa memakmurkan masjid serta berjasa dalam mendidik dan membimbing generasi muda Ciamis supaya memiliki prilaku yang baik,” ujarnya.

Ia menyebutkan guru ngaji dan imam masjid mendapat insentif sebesar Rp600 ribu per tahun. "Di tahun 2020 ada sentuhan insentif untuk guru ngaji dan imam masjid. Sudah ditetapkan di DPRD. Walaupun memang untuk nominalnya belum maksimal dan belum sesuai harapan kita semua. Itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," paparnya.

Selain terkait insentif, halaqah ulama ini juga melahirkan lahir beberapa kebijakan, seperti gerakan magrib mengaji dan salat berjamaah. Ada juga rencana pengajian untuk ASN setiap 3 bulan sekali di Pendopo.

Pemkab Ciamis juga akan memberikan kendaraan roda dua untuk setiap MUI di 27 Kecamatan. Tujuannya, supaya meningkatkan mobilitas MUI saat turun ke masyarakat. "Mudah-mudahan ke depan bukan hanya sampai tingkat kecamatan, tapi sampai tingkat MUI Desa. Mudah-mudahan ada anggarannya," katanya.

 

Baca juga:

Puluhan Napi Lapas Wanita Sukun Malang Diwisuda Jadi Guru Ngaji

 

Ada 10 undian umrah di tahun 2020 nanti untuk para guru ngaji dan imam masjid. Undian ini diprioritaskan bagi guru ngaji dan imam masjid yang belum pernah melaksanakan ibadah umrah.

Kabag Kesra Setda Ciamis Didin Sa'adudin berharap insentif ini dapat memberikan semangat kepada guru ngaji. “Dengan keihlasannya, Pemkab Ciamis ingin memberi perhatian. Diharapkan tetap semangat membina para generasi penerus untuk memakmurkan masjid, membentuk karakter baik dan mencintai Alquran," tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengatakan, guru ngaji dan guru diniyah di wilayah kabupaten Ciamis mulai tahun depan akan mendapatkan insentif atau honor dari Pemkab Ciamis.

Ia mengatakan syarat untuk mendapatkan honor, guru tersebut mengajar di lembaga pendidikan yang sudah terdaftar di Kementrian Agama. “Bapak ibu semuanya tahun depan guru ngaji dan guru diniyah di kabupaten Ciamis akan mendapatkan insentif atau honor dari Pemerintah Kabupaten Ciamis,” ujarnya. (jms/detik/galuh)

 

Baca juga:

Sambut Milad ke-20, BSM Donasikan 20 Ribu Alquran Braille


Back to Top