Kerajaan Saudi Temukan Artefak Bersejarah Periode Awal Islam di Makkah

gomuslim.co.id - Kerajaan Saudi melalui Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Saudi (SCTH) menemukan sebuah artefak di sebelah pemakaman bersejarah Al-Maala, Makkah. Artefak tersebut merupakan batu nisan bersejarah dan barang tembikar yang semuanya berasal dari periode awal Islam.

Direktur Jenderal Registrasi dan Pelestarian Benda Purbakala di Sektor Warisan Nasional SCTH, Naif Al-Qanur, mengatakan bahwa artefak ini ditemukan selama pekerjaan penggalian yang dilakukan oleh perusahaan kontraktor untuk pembangunan tempat parkir di dekat kuburan, terletak di utara Masjidil Haram.

“Batu nisan ini membawa prasasti dalam kaligrafi Islam serta sebagian kecil dari tembikar semuanya berasal dari periode awal Islam. Potongan-potongan artefak ini diserahkan kepada SCTH sehingga spesialis di bagian barang antik dapat memeriksa dan mempelajarinya secara mendalam,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Saudi Press Agency, Senin, (30/12/2019).

Al-Qanur mengatakan tim khusus dari SCTH akan menindaklanjuti pekerjaan penggalian yang sedang berlangsung di situs setiap hari untuk mengantisipasi menemukan lebih banyak landmark atau artefak. Hal tersebut, kata dia, dalam koordinasi langsung dengan Walikota Makkah dan perusahaan kontraktor.

 

Baca juga:

Ini Daftar 10 Negara Pengirim Jemaah Umrah Terbanyak ke Makkah

 

Walikota telah mengumumkan, melalui situs resminya pada hari Sabtu, tentang penemuan batu nisan selama pekerjaan pengeboran untuk proyek parkir mobil pintar baru, bersebelahan dengan pemakaman bersejarah.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan cabang Makkah dari SCTH dan perusahaan kontraktor yang beroperasi. Ini dilakukan untuk pengawasan fase selanjutnya dari pekerjaan penggalian serta kemungkinan adanya artefak lainnya.

"Artefak dikirim ke SCTH sehingga para ahli dapat memeriksa dan mempelajarinya secara menyeluruh," tutupnya. (jms/spa/saudigazzate)

 

 

Baca juga:

Layani Jemaah, Saudi Siapkan Brankas di Jalan Utama Dekat Masjidil Haram

 

 


Back to Top