Peringati HAD, Pegawai Kemenag Kumpulkan Dana Bangun Lima Masjid

gomuslim.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-74, pegawai Kemenag Aceh membantu pembangunan lima masjid di Banda Aceh. Aksi heroiknya, pegawai mengumpulkan dana dengan cara patungan dalam pembangunan ke lima masjid tersebut.

Dalam gotong royong itu, juga ikut serta Kakanwil Kemenag Aceh, Drs HM Daud Pakeh, Kabag Tata Usaha (TU), H Saifuddin SE, dan para kepala bidang.

Daud Pakeh mengatakan, gotong royong itu dipusatkan di Masjid Baitul Izzati, Gampong. Katanya, semua pegawai tampak berbaur membersihkan perkarangan masjid yang sedang dalam proses pengembangan tersebut.

“Selain menyerahkan bantuan, semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Aceh juga membersihkan masjid,” ungkapnya dalam keterangan tertulis pada Senin (30/12/2019).

Ia mengungkapkan, selain gotong royong, Kemenag Aceh juga menyerahkan bantuan berupa 100 sak semen dan uang tunai kepada pengurus masjid untuk membantu pengembangan masjid tersebut.

 

Baca juga:

Menag Akan Bahas Kerukunan Umat bersama Ulama se-Aceh

 

Imbuhnya, bantuan yang diserahkan itu merupakan sumbangan hasil patungan (meuripee) semua pegawai dan bukan anggaran dari lembaga.

"Total sumbangan dari ASN Kemenag Aceh Rp 34 juta," ujarnya.

Daud menjelaskan, kegiatan serupa juga dilaksanakan di empat masjid lain secara serentak dengan rincian tiga masjid di wilayah Banda Aceh dan satu masjid di wilayah Aceh Besar. Di Banda Aceh, masing-masing Masjid Al-Kawakib, Gampong Deah Raya (Kecamatan Syiah Kuala), Masjid Al-Hidayah, Gampong Lampulo (Kuta Alam), dan Masjid Tgk Dianjong, Gampong Peulanggahan (Kutaraja).

“Sedangkan di Aceh Besar, bantuan diberikan kepada Masjid Baitul Maqfirah, Gampong Paya Tieng, Kecamatan Peukan Bada,” katanya.

Kepada masing-masing masjid, sebut Daud Pakeh, juga diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhannya. Selain masjid, kegiatan bersih rumah ibadah juga dilaksanakan di tempat ibadah agama lain seperti Kristen, Budha, dan Hindu.

"Apa yang kita lakukan ini untuk mendekatkan pegawai Kemenag dengan masyarakat. Ini yang terpenting. Semoga kehadiran kami bisa membawa perubahan kecil dalam kehidupan bermasyarakat," harap Daud Pakeh.

Bantuan tersebut sengaja dikumpulkan dari sumbangan ASN dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan kebersamaan dari pegawai. Kegiatan membersihkan rumah ibadah, kata Daud Pakeh, tidak hanya dilaksanakan oleh Kamwil Kemenag Aceh saja tapi juga oleh pegawai Kemenag kabupatan/kota se-Aceh.

Daud Pakeh meminta jajaran Kemenag di seluruh Aceh untuk menyambut HAB kali ini dengan semangat merawat kerukunan, menjaga kebersamaan, menebar kedamaian, lebih dekat melayani, dan tentunya dengan semangat mengabdi.

"Untuk semua ASN Kemenag di Aceh, mari kita hiasi HAB tahun ini dengan semangat pengabdian kita, menjaga kebersamaan, serta tentunya dengan sederhana, khidmat, dan bermanfaat," jelasnya.

Untuk diketahui, dalam memeriahkan HAB Ke-74, Kemenag Aceh juga menggelar kegiatan lain seperti jalan santai, donor darah, aneka olahraga, lomba pidato, tet apam, dan cerdas cermat dharma wanita persatuan (DWP). Sementara acara puncak yaitu upacara HAB Ke-74 akan dilaksanakan di halaman Kantor Kanwil Kemenag Aceh, Jumat (3/1/2020) mendatang, bersamaan dengan resepsi yang diisi dengan doa bersama, zikir, dan muhasabah. (hmz/tribun)

 

 

Baca juga:

Pemerintah Aceh Ajak Masyarakat Kawal Perdamaian dengan Syariat Islam


Back to Top