Rumah Keluarga Abrahamic UEA Jadi Ruang untuk Sebarkan Toleransi dan Perdamaian

gomuslim.co.id – Uni Emirat Arab (UEA) terus menghadirkan ruang antaragama untuk menyebarkan toleransi dan perdamaian. Salah satunya dengan menggagas Rumah Keluarga Abrahamic, sebuah kompleks yang akan terdiri dari sebuah masjid, gereja dan sinagog di Abu Dhabi.

Rencana ini pun mendapat apresiasi dari surat kabar online Spanyol El Español. Surat kabar itu memuji upaya UEA untuk meningkatkan kebebasan beragama di UEA.

“Dalam sebuah fitur yang diterbitkan kemarin, El Español menyoroti fakta bahwa rencana untuk membangun kompleks yang akan dibuka pada tahun 2022 di Pulau Saadiyat ini dirancang untuk memperingati kunjungan bersejarah Paus Fransiskus dan Dr. Ahmed Al Tayeb, Imam Besar dari Al Azhar,” demikian seperti dilansir dari publikasi Khaleej Times, Selasa, (31/12/2019).

Selama kunjungan itu, 'Dokumen Persahabatan Manusia' yang bersejarah ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Al Tayeb.

 

Baca juga:

Sheikh Ini Dukung Dewan Global untuk Toleransi dan Perdamaian

 

Rumah Keluarga Abrahamic sendiri akan terdiri dari tiga bangunan besar yang diatur di sekitar taman pusat, di mana sebuah museum dan pusat pendidikan akan berlokasi. Dengan desain kontemporer, ketiga bangunan akan memiliki siluet yang serupa, dengan bentuk geometris, tetapi dengan detail yang membedakan masing-masing agama.

Menurut perusahaan Inggris, Adjaye Associates, yang memenangkan kontrak perancang Rumah Keluarga Abrahamic, cara tersebut bertujuan untuk mengomunikasikan ‘asal-usul bersama dari ketiga agama, serta perbedaan budaya dan sejarah mereka.

Adjaye Associates juga merancang Pusat Hadiah Nobel Perdamaian di Oslo dan Museum Nasional Sejarah Afrika-Amerika di Washington DC.

Pendiri perusahaan David Adjaye pernah menggambarkan taman di sekitar rumah ibadah sebagai ‘metafora yang kuat, ruang aman di mana komunitas, koneksi dan kesopanan bergabung’. (jms/khaleejtimes)

 

Baca juga:

Bertajuk Toleransi, Dua Mural Seni Pipa Baja Ini Hiasi Pasar Deira Dubai


Back to Top