Gandeng Gopay dan Linkaja, DMI Tampilkan Infaq Digital di Aplikasi

gomuslim.co.id - Aplikasi Dewan Masjid INdonesia (DMI) telah memiliki fitur baru bernama Infaq Digital (Bayar Infaq Disini). Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, fitur ini merupakan hasil kerja sama antara DMI dengan Gopay dan Link Aja. Dengan tagline Berbuat baik dimulai dengan hal yang paling kecil, para pengguna Aplikasi DMI dapat meyalurkan infaq-nya dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Aplikasi DMI ini  telah mencatat data akurat dari 61.044 masjid yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Data ini diperoleh DMI.OR.ID pada Selasa (31/12), Pukul 08:13 WIB.

Pada Aplikasi DMI ini, setiap masjid selalu (bersifat wajib) menyajikan informasi tentang nama masjid, foto masjid, alamat masjid, serta geo tag real location masjid atau posisi geografis dan astronomis masjid, serta lokasi administratif masjid.

Data masjid juga dapat dilengkapi dengan data-data (bersifat opsional) tentang telpon dan email pengurus masjid, telpon dan email pengurus remaja masjid, serta jadwal kegiatan masjid.

 

Baca juga:

Jusuf Kalla: Media Sangat Penting untuk Dakwah Islam

 

Semua fitur ini dapat dilihat dengan cara membuka Aplikasi DMI, lalu menekan tombol (click touch screen) Lokasi Masjid, menekan tombol Masjid Terdekat, dan menekan tombol nama masjid yang ingin diketahui.

Fitur Lokasi masjid juga dilengkapi dengan tombol Tandai Masjid, Cari Masjid, Kegiatan Terdekat, dan Masjid Teraktif. Pada tombol Tandai Masjid, pengguna (user account) Aplikasi DMI yang sudah melakukan registrasi dapat mendaftarkan nama masjid saat berada di depan masjid. Syaratnya, masjid tersebut belum terdaftar di Aplikasi DMI.

Lalu pengguna aplikasi diminta untuk mengisi nama masjid, alamat masjid, provinsi dan kota/ kabupaten lokasi masjid, telpon masjid, serta foto masjid. Jika semua data yang diminta sudah diisi, khususnya yang wajib, maka tinggal click tombol Daftar. Prosedur yang hampir sama juga berlaku pada tombol Cari Masjid. Bedanya, tidak ada foto masjid.

Fitur lainnya dalam Aplikasi DMI ialah Jadwal Sholat & Arah Kiblat. Fitur ini menyajikan informasi seputar Jadwal Sholat lima waktu pada lokasi riil pengguna Aplikasi DMI, lengkap dengan Alarm Adzan. FItur ini juga bisa menunjukan Arah Kiblat dengan bantuan kompas digital.

Ada pula informasi tentang Restoran Halal dalam fitur Jadwal Sholat & Arah Kiblat. Restoran yang kita cari dengan cara mengetik namanya, akan dilengkapi dengan sejumlah informasi. Antara lain data-data tentang nama dan lokasi restoran halal, produsen restoran, nomor sertifikat halal restoran, dan tanggal kadaluarsa (expired) untuk sertifikat restoran halal.

Fitur Jadwal Sholat & Arah Kiblat juga menampilkan informasi tentang Ramalan Cuaca. Lokasi yang kita pilih akan dilengkapi dengan temperatur udara, kondisi cuaca, dan koordinat lokasi (lokasi astronomis) daerah/ wilayah.

Fitur menarik lainnya dalam Aplikasi DMI ialah Hallo Da’i. Fitur ini terbagi dalam beberapa Sub Fitur, yakni Da’i Terdekat, Temukan Da’i, Respon Undang Da’i, Respon Tanya Jawab Da’i, dan Da’i Terpopuler. Sub fitur Da’i  Terpopuler menampilkan 10 Da’i yang populer di pengguna aplikasi. Lalu pada sub fitur Temukan Da’i, pengguna aplikasi dapat mencari da’i yang diinginkan.

Data Da’i dalam sub fitur Temukan Da’i dilengkapi dengan informasi berupa nama legkap da’i, alamat lengkap da’i, nomor kontak da’i, dan keahlian khusus da’i, serta media sosial milik da’i (bersifat opsional). Sedangkan dalam Sub fitur Da’i Terdekat, pengguna aplikasi akan melihat peta geografis dan lokasi da’i yang terdekat dengan pengguna. (hmz/dmi)

 

 

Baca juga:

Peletakan Tiang Pertama, Pembangunan Masjid Apung Pertama di Jakarta Resmi Dimulai


Back to Top