Komunitas Muslim Kanada Donor Darah Saat Libur Akhir Tahun

gomuslim.co.id - Komunitas Muslim di Newfoundland dan Labrador, Kanada melakukan aksi bersama donor darah ke Layanan Darah Kanada. Ini dilakukan untuk menghindari kekurangan stok darah yang biasanya terjadi selama musim liburan.

Abdelsalam Abugharara, seorang relawan dan imam di masjid setempat mengatakan Asosiasi Muslim Newfoundland dan Labrador ingin mengisi kekurangan, menjembatani kesenjangan dan bekerja positif dengan komunitas lain ketika masyarakat sibuk dengan liburan.  

“Ide untuk donor darah ini adalah untuk mendukung satu sama lain dan membawa kebahagiaan bagi orang-orang di rumah sakit,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi CBC, Rabu (01/01/2020).

Aksi komunitas Muslim ini pun mendapat pujian dari Gord Skiffington, seorang manajer untuk Layanan Darah Kanada di St. John's. “Itu luar biasa. Kita membutuhkan semua golongan darah setiap hari dalam setahun, dan waktu-waktu tertentu dalam setahun itu sedikit lebih menantang," katanya.

 

Baca juga:

Gandeng Layanan Darah Kanada, Masjid ini Agendakan Donor Darah

 

Untuk diketahui, transfusi darah untuk tujuan medis diperbolehkan dalam Islam karena Muslim diperintahkan untuk memberi makan orang yang lapar, merawat yang sakit, dan menyelamatkan hidup orang.

Diperbolehkan juga mengambil darah (menerima donor) dari non-Muslim dan diizinkan untuk mendonorkan darah kepada non-Muslim. Hal-hal seperti ini terkait dengan kehidupan manusia.

Kegiatan donor darah bukan pertama kalinya dilakukan Asosiasi Muslim Newfoundland dan Labrador. Pada Agustus tahun lalu, asosiasi Muslim juga membantu klinik St. John pada Hari Regatta ketika kota ditutup selama satu di hari lomba perahu.

"Kami akan menjadikannya hari donor darah nasional di seluruh Kanada, yang disponsori oleh komunitas Muslim di seluruh Kanada," kata Abugharara.

Menurut Survei Rumah Tangga Nasional Kanada 2011, Muslim mewakili kurang dari 1% dari total populasi Newfoundland dan Labrador yang diperkirakan 525.073 orang. (jms/cbc/aboutislam)

 

Baca juga:

Peringati 9/11, Komunitas Muslim Universitas Arkansas Gelar Donor Darah


Back to Top