Butuh Renovasi, Bangunan Ini Bakal Jadi Masjid Pertama di Kota Airdrie Kanada

gomuslim.co.id Mayarakat muslim di kota Airdrie Provinsi Alberta, Kanada berkisar 2.000-3.000 orang. Sudah bertahun-tahun komunitas Muslim di kota Airdrie kesulitan menemukan tempat untuk beribadah.

Di tahun 2018 mayarakat muslim Airdrie menyewa sebuah bangunan di dekat Safeway di pusat kota Airdrie 121 2 Ave. Bangunan ini rencananya akan direnovasi dan dipermanenkan menjadi Masjid Jami Riyadhul Jannah.

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Kanada Donor Darah Saat Libur Akhir Tahun


Imam Masjid Jami Riyadhul Jannah dan sekaligus pendiri Dewan Tertinggi Islam Kanada, Syed Soharwardy, mengatakan renovasi bangunan ini akan dilakukan agar seperti masjid pada umumnya, yakni dilengkapi dengan kubah dan menara. Bangun ini berada dibawah Majelis Islam Calgary Al Madinah dan rencananya masjid itu akan diubah kepemilikannya ke Dewan Muslim Airdrie, sekaligus yang bertanggungjawab atas operasional masjid.

“Ini adalah masjid pertama di Airdrie, untuk biaya renovasi diperkirakan memerlukan biaya awal sekitar dua juta dolar AS,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Airdrie Today, Jumat (3/1/2020).

Bangunan yang kini digunakan Muslim Airdrie sebagai masjid itu masih memerlukan renovasi, termasuk perbaikan halaman parkir, toilet, dan penambahan akses kursi roda. Renovasi perlu agar bisa menampung jamaah lebih banyak untuk pelaksanaan shalat Jumat. Sampai saat ini untuk salat Jumat, Muslim Airdrie melaksanakannya di Greja Persatuan yang berada di kota itu.

"(Masjid Riyadhul Jannah) ini bukan hanya tempat ibadah. Ini adalah tempat di mana kami saling membantu, dimana kami membahas masalah," kata Soharwardy.

Ia pun yakin umat Muslim akan membantu memberikan donasi untuk memenuhi kebutuhan masjid. Saat ini donasi yang sudah digunakan untuk renovasi berikut operasi sehari-harinya mencapai 21 ribu dolar AS. (Mr/Airdrie Today/rep/foto:ilustrasi)


Back to Top