IAIN Madura Buka Program Magister Ekonomi Syariah

gomuslim.co.id Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura telah menjadi lokomotif pendidikan di Madura dan sebagai rujukan akademik bagi kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia. Tahun 2020 ini, IAIN Madura secara resmi membuka program studi baru magister Ekonomi Syariah (ES). Pembukaan program tertuang dalam SK Nomer: 27/SK/BAN-PT/Min-Akred/VI/2019 tanggal 12 Juni 2019.

 

Baca juga:

Program Doktor Ekonomi Syariah UIN Malang Segera Dibuka 

 

Keberadaan program Magister Ekonomi Syariah ini bakal melengkapi dua program Pascasarjana yang sudah ada sebelumnya, yakni Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Keluarga Islam (HKI) yang sudah terakreditasi B.

“Program Pascasarjana Ekonomi Syariah menjadi wadah untuk mengembangkan keilmuan di bidang ekonomi dan keuangan,” kata Direktur Pascasarjana IAIN Madura, Zainuddin Syarif beberapa waktu lalu.

Saat ini IAIN Madura sedang menyiapkan prasarana dan sumber daya manusia (SDM) sebagai tenaga pengajar. Sejauh ini sudah ada tiga doktor yang disiapkan dalam bidang ekonomi. “Pematangan persiapan prasarana sedang digodok dan beberapa dosen yang berkompeten,” ujarnya

 

Baca juga:

Kemenag Berikan Beasiswa S2 dan S3 di Luar Negeri untuk Para Alumni Terbaik PTKI

 

Penyediaan progam Magister Ekonomi merupakan sinyal baru bagi masyarakat Madura. Sebab, tidak sedikit lembaga atau pesantren yang sudah mendirikan lembaga keuangan yang berbasis syariah. Sehingga ada banyak lulusan Pascasarjana yang profesional dan mampu menjadi konsultan bagi lembaga keuangan.

Bahkan, IAIN Madura berkomitmen bersaing dalam segala bidang. Utamanya, dalam memberikan peran secara riil untuk masyakarat Madura. “Kita mulai berkomposisi di tingkat Jawa timur, nasional dan internasional yang disebut dengan world class,” tandasnya. (Mr/faktual)


Back to Top