Minta Hujan, Komunitas Muslim Australia Gelar Doa Bersama

gomuslim.co.id - Australia sedang dilanda kebakaran hebat selama beberapa pekan ini. Akibatnya, lebih dari 4 juta hektar lahan hutan hangus terbakar. Kebakaran terjadi akibat suhu tinggi, angin kencang serta kemarau panjang yang beberapa bulan ini melanda kawan Australia, utamanya di Kawasan pesisir timur.

Merespon bencana ini, komunitas muslim Australia melaksanakan salat istisqa dan doa bersama meminta hujan di tengah-tengah Bonython Park, Adelaide, Ahad (05/01/20). Dilansir dari laman Daily Mail pada Senin (6/1/2020), doa bersama juga dihadiri warga non-muslim. Mereka turut serta berdoa sesuai  keyakinan masing-masing.

Perwakilan dari Pusat Hubungan Kristen dan Muslim, Imam Patrick McInerney mengatakan mereka yang berbeda keyakianan turun langsung ke lapangan untuk meminta hujan kepada Tuhan. "Hari ini saya bergabung dengan saudara-saudara Muslim saya di Adelaide, berdoa untuk diturunkan hujan," katanya.

Pada kesempatan yang sama Profesor Mohamad Abdalla menyampaikan pesan melalui Khotbahnya, agar semua masyarakat beragama, khususnya umat Islam untuk bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah agar kekeringan cepat berlalu.

 

Baca juga:

Masjid London Ini Jadi Tuan Rumah Kegiatan Donor Darah Antar Agama

Kekeringan pada masa ini bukan hanya membuat lahan dan hutan rentan terbakar, namun juga menimbulkan korban jiwa. Contohnya adalah seorang ahli bedah pilot Dick Lang (78) dan putranya Clayton (43), tewas dalam insiden kebakaran hutan di Negeri Kanguru itu.

Keduanya terjebak ketika melawan kobaran api yang mengelilingi mereka. Keluarga mereka pun sangat bersedih dan terpukul atas peristiwa tersebut.

"Kami sangat terpukul telah kehilangan dua anggota keluarga kami yang tercinta, Dick Lang dan putra bungsunya Clayton Lang, dalam keadaan yang begitu mengerikan," kata perwakilan keluarga korban yang tak disebutkan namanya.

Bulan lalu, umat Muslim di Sydney Australia juga menggelar salat Istisqa dalam rangka memohon hujan. Shalat Istisqa berlangsung di tengah lapangan dengan suhu hampir 35 derajat. Kegiatan diikuti oleh lebih dari 200 warga Muslim di Sydney bagian barat (Blacktown, NSW). Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang. (Mr/daily mail)

 

Baca juga:

Muslim Australia Kumpulkan Dana untuk Korban Kebakaran Hutan


Back to Top