Aa Gym: Tiga Tipe Manusia yang Gagal Raih Ridha Allah

gomuslim.co.id - Daarut Tauhiid (DT), di bawah Pimpinan KH Abdullah Gymnastiar, dikenal dengan ilmu tauhid dan Manajemen Qolbu (MQ). Pengelolaan hati dalam menjalani kehidupan menjadi salah satu faktor penilaian derajat manusia di hadapan Pemilik Alam Semesta Allah SWT. Hal tersebut kerap di sampaikan Aa Gym dalam tausiahnya.

Mengutip Hadis Riwayat Bukhari Muslim, Aa Gym menyebut, ada tiga tipe manusia yang dihisab dan gagal meraih ridha Allah, hanya karena hatinya yang bermasalah. Pertama, orang yang berjihad sampai terbunuh di medan perang.

“Hadis ini sahih, tidak kurang pengorbanannya, tidak kurang perjuangannya, tidak kurang keringat dan pikirannya, yang kurang hanya satu hatinya, dia lebih memilih mendapatkan gelar pemberani dari manusia, tapi gagal di hadapan Allah karena lebih berharap pada makhluk, akhirnya menjadi ahli neraka,” kata Aa Gym, dikutip dari laman Facebooknya, Senin (6/1/2020).

 

Baca juga:

Aa Gym: Zakat Harus Bisa Perkuat Keimanan

 

Kedua, lanjut Aa Gym, adalah orang yang belajar ilmu agama dan mendakwahkannya, kemudian belajar Alquran dan mengamalkannya, bahkan menjadi seorang tahfiz. Kegagalannya, kata Aa Gym, merupakan sebuah contoh bagi siapa saja yang belajar ilmu agama, bahwa mengelola hati akan menyelamatkan juga memberikan kemudahan dalam bertindak.

“Dalam hadis tersebut dikisahkan, orang tersebut hanya ingin mendapatkan gelar seorang alim ulama dan merasa derajatnya sudah lebih tinggi di hadapan makhluk, padahal kualitas seseorang yang tekun mempelajari ilmu agama dan menyebarkannya memiliki kedudukan yang berbeda di hadapan Allah, tapi itu hanya berlaku bagi yang betul-betul Lillahi ta’alla,” jelasnya.

Ketiga, adalah orang yang sering sedekah namun hanya untuk disebut atau dipanggil seorang yang dermawan. Dermawan, lanjut Aa Gym, merupakan sifat yang digemari Allah, namun akan menjadi malapetaka jika niat yang diucap dalam hati hanya untuk kedudukan di dunia.

“Allah SWT akan sangat murka dengan hal itu, kedermawanan yang lahir karena hanya ingin menjadi populis, akan membawa jalan dan amalan itu menuju gerbang neraka,” ujar Aa Gym. (jms/daaruttauhid)

 

Baca juga:

Eco Pesantren Daarut Tauhid Jadi Contoh Aset Wakaf yang Edukatif


Back to Top