Bantu Padamkan Api, Komunitas Muslim Australia Sumbang 36 Ribu Botor Air 

gomuslim.co.id – Australia mengalami kebakaran hebat selama beberapa pekan terakhir. Akibatnya, lebih dari 4 juta hektar lahan hutan hangus terbakar. Kebakaran terjadi akibat suhu tinggi, angin kencang serta kemarau panjang yang beberapa bulan ini melanda kawan Australia, utamanya di Kawasan pesisir timur.

Merespon hal tersebut, sekelompok Muslim menyumbangkan 36 ribu botol air kepada petugas pemadam kebakaran yang berjuang memerangi kebakaran hutan di Australia. 

Juru Bicara Synergy, Marie mengatakan, bantuan air dari Synergy Scaffolding Service mampu memuat truck dengan 20 palet air dan menuju ke daerah Shoalhave NSW dari Sydney pekan lalu.

Ia mengaku gagasan itu datang kepada Sam Soukie ketika dia mendengar ada seseorang yang bepergian hanya dengan ute yang diisi air. “Kata Sam ‘Kami punya truk, kami harus melakukan hal yang benar, orang-orang menderita,’” kata Marie seperti dilansir dari publikasi Daily Mail, Rabu (8/1/2020).

 

Baca juga:

Muslim Australia Kumpulkan Dana untuk Korban Kebakaran Hutan

 

Ia menambahkan sebuah pengawal pemadam kebakaran juga digunakan untuk memimpin truk melalui daerah berbahaya dan memastikan semua orang bisa mendapatkan air. "Sangat indah melihat komunitas berkumpul dan saling membantu dengan cara orang Australia yang sebenarnya," kata Marie.

Perusahaan Synergy mengerahkan 20 paket air dan menggunakan dua truk untuk mengusir api di daerah yang terkena dampak kebakaran hutan. Air akan didistribusikan ke daerah-daerah yang tidak memiliki akses ke air bersih.  

Dia menjelaskan, ada komunitas yang rusak akibat kebakaran tersebut. Selain itu, semua orang kehilangan rumah dan mereka ingin membantu memberikan sedikit yang dibutuhkan para korban. Brigade Rural Fire Service Wilayah NSW, St Georges Basin, berterima kasih kepada para lelaki atas sumbangan besar mereka kepada mereka yang berjuang di garis depan.  

"Kawan-kawan ini telah menyalurkan air jauh melampaui apa yang dilihat orang untuk menghentikan masyarakat yang terkena dampak. Kali ini 20 paket air – 36 ribu botol air. Kalian tuan-tuan luar biasa. Kemurahan hati Anda adalah tingkat berikutnya,” ungkap Marie.

Ia mengimbau kepada para wisatawan untuk meninggalkan daerah itu sebelum hari Sabtu karena suhu akan naik hingga 45 derajat Celcius. Peringatan darurat saat ini diberlakukan untuk Shoalhaven karena kebakaran hutan di luar kendali yang membentang di 269.282 hektare. 

Pekan lalu, para relawan wanita di Australian Islamic Society dari Newport, Victoria, juga membagikan makanan sarapan bagi para petugas pemadam kebakaran. Mereka memasak makanan bagi 150 petugas pemadam kebakaran di Brigade Relawan Kebakaran Johnsonville.

Hanya dalam 48 jam, para perempuan itu mampu memasok lima truk persediaan bantuan, meraih dana sebesar 1.500 dolar AS, dan menyelenggarakan pembagian sarapan bagi para petugas pemadam kebakaran. Mereka merasa simpati terhadap para petugas yang tanpa lelah berusaha memadamkan api yang muncul di East Gippsland. (hmz/dailymail)

 

Baca juga:

Minta Hujan, Komunitas Muslim Australia Gelar Doa Bersama


Back to Top