Kemenag dan DPR Upayakan Biaya Haji 2020 Tidak Naik

gomuslim.co.id - Menteri Agama Fachrul Razi akan mengupayakan tidak ada kenaikan untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020. Meski ada kenaikan biaya komponen, tapi pihaknya akan mengupayakan agar biaya haji sama dengan tahun lalu di kisaran Rp 35 juta.

"Kita usahakan nggak ada kenaikan lah. nanti kita ketemu lagi, biaya haji memang naik, naiknya di pesawat terbang dan visa. Tapi kita usahakan supaya jemaah tetap membayarkan sama dengan yang dulu," kata Fachrul Razi

 

Baca juga:

Tingkatkan Kualitas Layanan Haji, Ini 10 Inovasi Baru Kemenag

 

Menurutnya, pembahasan tentang BPIH 2020 saat ini sedang dibahas Komisi VIII DPR RI lewat Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). masih ada beberapa layanan haji yang belum selesai dibahas. Namun, salah satu peningkatan layanan yang sudah dipastikan untuk keberangkatan haji tahun 2020 adalah digunakannya Bandara Kertajati untuk jemaah haji di Jawa Barat.

Direktur Pengelolaan Keuangan Haji Kemenag, Maman Saefulloh. Ia menyebut BPIH hingga saat ini masih dalam proses pembahasan. "BPIH 2020 masih dalam proses pembahasan. Pada 18 Desember 2019 sampai 16 Januari 2020 DPR masa reses. Kemungkinan awal-awal Februari 2020 pengesahannya," ujar Maman

Kuota haji hingga kini yang berlaku masih 221 ribu jamaah. Hal ini sesuai dengan nota kesepahaman yang telah ditandatangani antara Menteri Agama Fachrul Razi dan Pemerintah Arab Saudi dan untuk keberangkatan awal jemaah haji tanggal 26 Juni 2020.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengaku juga sedang mengupayakan agar biaya haji 2020 tak naik. "Insya Allah kita akan tetap berusaha agar tidak terjadi kenaikan biaya," ucapnya, Jumat (10/1/2020)

 

Baca juga:

CCHI Saudi Terapkan Kebijakan Asuransi Kesehatan untuk Jemaah Umrah

 

Ace mengatakan Panja BPIH Komisi VIII DPR RI masih menghitung sumber pembiayaannya. Mulai dari dana optimalisasi yang tersedia di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan dana setoran yang berasal dari jemaah haji. Targetnya akhir Januari 2020 sudah diumumkan BPIH 2020.

Sedangkan untuk perincian biaya, Panja BPIH juga telah memanggil maskapai dan bandara. Selanjutnya, Panja BPIH akan mendatangi Arab Saudi guna memastikan biaya pemondokan dan konsumsi jemaah. (Mr/ihram)


Back to Top