Calon Jemaah Bisa Cek Nomor Porsi Haji di Laman Website Kemenag, Begini Caranya

gomuslim.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) RI membuka informasi bagi calon jemaah haji untuk dapat mengecek nomer porsi keberangkatan haji melalui Website Kemenag. Nomor porsi haji merupakan nomor urut pendaftaran yang didapatkan jemaah ketika membayar setoran awal di bank penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), guna pembiayaan atau ongkos naik haji.

Bagi pendaftar haji, mengetahui informasi mengenai perkiraan porsi haji yang didapat sangat penting. Seiring dengan kemajuan zaman, informasi seputar porsi haji dapat dilihat secara mandiri melalui website Kemenag.

Diketahui, kurang lebih terdapat 221.000 jemaah haji dari Indonesia yang bertolak ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji. Sebagai negara besar dengan penduduk mayoritas beragama Islam, Indonesia merupakan salah satu negara dengan kuota haji terbanyak di dunia. Jumlah tersebut dikabarkan meningkat setelah pemerintah Indonesia mengajukan permintaan penambahan kuota kepada Kerajaan Arab Saudi.

Menurut data haji, Pemerintah Indonesia telah mengajukan permintaan penambahan kuota kepada Kerajaan Arab Saudi. Kini, jumlah kuota haji untuk Indonesia meningkat menjadi 231.000 jamaah.

 

Baca juga:

Kemenag dan DPR Upayakan Biaya Haji 2020 Tidak Naik

 

Sebelumnya, pemerintah Indonesia mengajukan peningkatan kuota sebanyak 250.000 jemaah, tapi tidak terkabul. Namun, Arab Saudi setuju menaikan kuota haji Indonesia sebanyak 10.000 jemaah.

Jumlah kuota yang tinggi tersebut mengingat banyaknya masyarakat yang ingin beribadah ke Tanah Suci. Tingginya permintaan masyarakat tersebut menyebabkan antrean nomor porsi haji di Indonesia mengular, yakni mencapai 20 tahun.

Bagi jemaah yang ingin mengetahui informasi seputar porsi haji dapat dilihat secara mandiri, caranya cukup mudah, selama calon jemaah memiliki akses internet. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengecek porsi haji melalui website Kemenag:

1. Pastikan sudah membayar setoran awal BPIH. Pembayaran akan disertai bukti setoran awal yang mana mencantumkan nomor porsi haji. 

2. Buka website Kemenag di haji.kemenag.go.id. 

3. Arahkan kursor ke tautan Basis Data dan akan muncul kolom perkiraan keberangkatan, lalu klik. 

4. Masukan nomor di porsi haji di kolom yang tersedia. Nomor porsi haji tertera dalam bukti setoran awal BPIH sebanyak 10 digit. 

5. Klik cari. 

6. Informasi seputar porsi haji akan tertera setelah laman terbuka.

Informasi yang terbuka di website antara lain perkiraan tahun keberangkatan baik dalam hijriah maupun masehi, kuota dari provinsi calon jemaah, kuota berdasarkan posisi porsi calon jemaah, hingga hitungan perkiraan pelunasan setoran. (hmz/antara//tirto/kemenag)

 

Baca juga:

Tingkatkan Kualitas Layanan Haji, Ini 10 Inovasi Baru Kemenag 


Back to Top