Wapres Minta Kementan Dorong Penguatan Ekosistem Pertanian di Pesantren

gomuslim.co.id - Pemerintah Indonesia terus mendorong penguatan ekonomi pesantren. Wakil Presiden RI (Wapres), KH Ma'ruf Amin meminta Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menggencarkan ekosistem pertanian di lingkup pesantren. Hal tersebut disampaikan Mentan usai rapat internal bersama Wapres di Istana Wakil Presiden, Jakarta baru-baru ini.  

"Beliau inginkan ada intervensi kita kepada beberapa pesantren-pesantren untuk secara langsung ikut memberikan pembelajaran dan sekaligus melakukan ekosistem pertanian di sana," ujarnya. 

Mentan menyebut pihaknya akan segera menindaklanjuti permintaan dari Wapres dengan menyusun konsep ekosistem pertanian di pesantren. Ekosistem pertanian yang diinginkan wapres, sambung dia, bukan hanya soal cara menanam tetapi juga sampai proses memanen hingga menghasulkan produk yang berkualitas. 

 

Baca juga:

BI Malang Genjot Pengembangan Ekonomi Syariah Pesantren

 

"Tidak hanya kasih bibit dan sebagainya selesai, tetapi betul-betul dia dalam proses bagaimana bisa menghasilkan sebuah bibit dengan budidaya yang tepat, hasil produktifitasnya bisa maksimal, dan berkualitas," kata Syahrul.

Menurutnya sudah ada beberapa pesantren yang sudah menjalankan ekosistem pertanian. Ia berharap kedepan program ini bisa berjalan dan membuka peluang dab berpotensi ekspor. 

Terkait ekosistem pertanian di pesantren, Mentan mengatakan bentuknya seperti pengajaran cara memetik dan pengelolaan industrialisasi pangan. "Pesantren-pesantren unggulan itu diajarkan cara bertanam yang baik, cara memetik yang baik, dan melakukan proses pengelolaannya tidak hanya secara proses industrialisasi yang dilakukan dan bagaimana mengajarkan mereka tentang pemasaran-pemasaran yang ada," katanya. 

Dia mengatakan pembekalan terhadap pesantren terkait pertanian sebelumnya pun telah dilakukan. Namun Syahrul mengatakan hal-hal spesifik, seperti penanaman bibit, ekosistem pertaniannya, masih bisa ditingkatkan. Dia pun berencana menyandingkan hal ini dengan peningkatan ekspor pertanian hasil budidaya di pesantren. (Mr/rep/antara/detik)

 

Baca juga:

Dukung Program Pemerintah, Ikatan Pesantren Indonesia Buka ipigrosir.com


Back to Top