Ini Perempuan Pertama yang Jadi Perwakilan Arab Saudi untuk UNESCO

gomuslim.co.id - Putri Haifa binti Abdul Aziz bin Mohammed bin Ayyaf Al Muqrin menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai perwakilan permanen dari Arab Saudi untuk UNESCO. Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud menyetujui penunjukan Putri Haifa dan diumumkan melalui situs resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency, pada Rabu (15/1/2020) lalu.

Representasi perempuan dari Arab Saudi dalam tubuh organisasi internasional diketahui sangat jarang dilakukan oleh Arab Saudi. Hal ini dikarenakan Arab Saudi terkenal dengan negara yang sangat konservatif.

Putri Haifamenjadi perempuan kedua yang dilibatkan pemerintah Arab Saudi dalam institusi internasional. Sebelumnya, Arab Saudi juga mengirim Putri Rima binti Bandar sebagai ambasador dari Arab Saudi untuk Amerika Serikat (AS). Hal itu dilakukan sebagai bentuk dari upaya untuk mengubah citra negara dengan dua tempat suci umat Islam tersebut.

 

Baca juga:

Ini Muslimah Pertama di Angkatan Udara Amerika Serikat

 

Saudi sendiri sedang gencar melakukan upaya modernisasi. Terutama setelah Pangeran Mohammed bin Salman berkeinginan Negaranya ramah bisnis untuk menggenjot investasi dan memvariasikan sumber perekonomian agar tidak hanya dari bisnis minyak mentah.

Tidak hanya itu, Arab Saudi juga mengizinkan perempuan untuk mengemudi, menerima paspor, dan melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa izin dari mahramnya yang laki-laki.

Putri Haifa binti Al Muqrin merupakan seorang perempuan yang memegang gelar Master of Science di bidang Ekonomi dari School of Oriental and African Studies (SOAS) dari University of London.

 

Baca juga:

Hebat, Hijaber Ini Wakili Indonesia dalam Ekpedisi Internasional Fjallraven Polar 2020

 

Putri Haifa binti Al Muqri telah memulai kariernya dalam kerja akademik di Departemen Ekonomi di King Saud University, kemudian dia pindah ke United Nations Development Programme (UNDP) sebagai bagian dari proyek UNDP antara 2009 dan 2016.

Setelah itu, Putri Haifa pindah ke Kementerian Ekonomi dan Perencanaan sebagai kepala untuk sektor Sustainable Development Goals (SDGs). Dia juga memegang beberapa keanggotaan di komite dan dewan internasional, regional dan lokal. (Mr/SM)


Back to Top