Masya Allah, Dua Gadis Kecil Ini Rela Tempuh Jarak 10 KM Demi Belajar Alquran

gomuslim.co.id – Perjuangan dua gadis kecil di Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini patut diacungi jempol. Violent Al-Darwis (10) dan Fauziyah Khairotunnisa (8) rela menempuh jarak berkilo-kilo meter demi belajar Alquran di Rumah Tahfidz Syekh Abdurrachman yang telah diresmikan pada Agustus 2018 lalu.

Violent berasal dari kampung bernama Muara Air. Jarak yang harus ia tempuh untuk sampai di rumah tahfidz lebih dari 10 KM. Rute yang harus ia lalui pun tak mudah, jalan bergelombang yang sarat dengan lubang-lubang selalu menemaninya di sepanjang perjalanan.

Belum lagi area tersebut yang merupakan perbukitan, hal itu membuat jalan menuju rumah tahfidz lebih menantang. "Saya ingin menghafal Alquran di sini, soalnya di sana (di rumah) tidak ada, ya, jalan kesini juga rusak," tutur bocah kelas lima sekolah dasar itu.

Saat ini, Violent sudah mengaji di Rumah Tahfidz Syekh Abdurrachman selama satu tahun. Bacaan Alquran nya pun sudah baik dan ia sudah hafal beberapa surat. Meski harus menempuh jarak yang cukup jauh, namun ia tidak mengeluh dan tetap semangat menghafal Alquran, sebab impiannya adalah menjadi hafidzah.

Jika hujan turun, Violent yang diantar oleh orang tuanya harus meneduh di perjalanan menunggu hujan reda. Jika memungkinkan, maka ia pun meneruskan perjalanan. Namun tak jarang pula Violent harus putar arah ke rumah karena derasnya hujan dan curamnya jalan.

 

Baca juga:

Survei CIBEST IPB University: Program Kampung Quran Daqu Dapat Penilaian Sangat Baik

 

Hal yang paling membuatnya senang belajar di rumah tahfidz adalah kebersamaan dengan teman-temannya. Keseruan tersebut membuat Violent betah dan ingin terus berada di rumah tahfidz. "Senang belajar di rumah tahfidz karena temannya banyak, jadi seru ngafalnya," ucap Violent.

Fauziyah Khairotunnisa juga memiliki semangat luar biasa. Fauziyah yang kini berusia delapan tahun itu bercita-cita menjadi seorang dokter yang hafal Alquran. Demi meraih impiannya, kelak ia ingin belajar di Ibukota untuk menambah wawasan serta pengalaman.

Violent, Fauziyah dan puluhan santri lainnya tengah berikhtiar untuk meraih segala cita-citanya. Mereka percaya, jika semua itu didasari dengan Alquran, maka Allah akan mempermudah jalan menuju impian tersebut. Kami mengajak seluruh masyarakat mewujudkan cita-cita ratusan ribu penghafal Alquran dengan memberikan sedekah terbaik untuk mereka. (jms/daarulquran)

 

Baca juga:

Daqu Berikan Layanan Kesehatan Gratis untuk Santri Tunanetra Penghafal Alquran


Back to Top