Entaskan Kemiskinan, Dompet Dhuafa Kampanyekan Gerakan Ayo Bercita-cita

gomuslim.co.id – Dompet Dhuafa menggandeng Yayasan Karakter Pancasila mengkampanyekan Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB). Peluncuran Gerakan tersebut merupakan salah satu upaya pengentasan kemiskinan.

GAB Dompet Dhuafa dilakukan untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) di beberapa sekolah, antaranya, Sekolah Smart Cibinong dan Sekolah Islam Al Syukro Universal yang berada di Kelapa Nunggal, Bogor.

Inisiator GAB, Zaim Uchrowi mengungkapkan, melalui Dompet Dhuafa, Kampanye GAB ini akan terus dilakukan kepada siswa sekolah guna mewujudkan generasi terbaik yang mampu meraih cita-cita melalui Mainset Sukses yang dibentuk sejak dini.

“Gerakan ini akan terus dipantau perkembangannya hinga menyasal kepada jenjang kelas yang lebih tinggi guna memupuk keinginan siswa mampu meraih cita-cita sesuai keinginan dan passion yang dimilikinya,” ujar Zaim dalam keterangan tertulis, Jumat (17/1/2020).

Menurutnya, yanag menjadi kunci untuk melepas kemiskinan yaitu dengan cita-cita yang tertanam sejak usia dini. “Dengan begitu, hidup akan lebih terarah dari kecil hingga dewasa nanti,” tegasnya.

 

Baca juga:

LKC Dompet Dhuafa Banten Launching Pos Sehat di Kampung Gowok

 

Ia menilai dengan adanya perkembangan jaman saat ini, cita-cita harus ditanam sejak dini karena, katanya jika tidak, kesuksesan akan pupus dengan diajaknya anak-anak millennial kepada hal-hal yang akan terbuang sia-sia.

“Kalau tidak ditanamkan cita-cita sejak dini. Anak-anak nanti akan lebih nyaman dengan gadgetnya melalui perkembangan jaman. COba yang kita lihat sekarang. Anak-anak SD saja sekarang bisa fokus kepada game online lho. Trus dimana penanaman karakter dan cita-cita si anak? Karena itu, kita wajib menanamkan cita-cita anak mulai dari sekarang,” katanya.

Ia menyatakan, dengan keberanian untuk mulai bercita-cita diperlukan untuk memutus rantai kemiskinan dan kebodohan. Karenanya, cita-cita akan memberi gambaran tentang perwujudan seperti apa masa depan nanti. Memilih cita-cita pun akan membuat fokus untuk berjuang meraihnya.

Langkah GAB akan dimulai dari guru yang menumbuhkan kesadaran bercita-cita pada peserta didik. Selanjutnya, peserta didik mulai menggambarkan cita-citanya kemudian menceritakannya di depan kelas.

Semua langkah GAB tersebut jelas membutuhkan peran penting dari relawan, stakeholder, guru, hingga kepala sekolah. “Tolong dorong peserta didik untuk bercita-cita. Bisa dimulai dengan sederhana, yakni berani menuliskan cita-citanya,” kata Inisiator dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi.

Sementara itu, peluncuran GAB dibuka dengan penampilan dari peserta didik TK, SD, dan SMP Sekolah SMART Cibinong dari marching band, seni tari, hingga paduan suara. Setelah itu, peluncuran GAB ditandai dengan pemukulan gong oleh Parni Hadi. Acara berlanjut dengan rangkaian lain seperti tanda tangan di prasasti dan peletakan batu pertama. (hmz/dd/kompas/dbs)

 

Baca juga:

Peduli Korban Banjir, Paguyuban Mojang Jajaka Jabar Salurkan Bantuan Lewat Dompet Dhuafa


Back to Top