Lewat Program Kampung Bangkit, Pusat Zakat Umat Dorong Pengembangan UMKM di Jawa Barat

gomuslim.co.id - Pusat Zakat Umat (PZU) Persatuan Islam (Persis) menyelanggarkan Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) ke 17 dengan mengsusung tema 'Mengabdi dengan hati, Menenteramkan Umat dan Negeri'. Acara ini diselenggarakan selama dua hari, 18-19 Januari 2020 di Hotel Antik, Bandung dan turut dihadiri oleh 2 Kantor perwakilan PZU, 11 Kantor Layanan PZU dan 31 Kantor Layanan Pembantu PZU.

 

Baca juga:

Mudahkan Bayar Zakat, Baznas Sumbar Hadirkan QRIS 

 

Direktur Eksekutif PZU, Angga Nugraha mengatakan Muskernas kali ini menguatkan program ekonomi keumatan yang selama ini sudah penjadi program utama dari Pusat Zakat Umat, yakni Kampung Bangkit.

Kampung Bangkit telah membina 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Barat dan telah menghasilkan berbagai produk seperti krupuk jengkol, kopi arabika, jamur krispi dan lain-lain.

"Melalui program-progam unggulan yang menjadi unggulan seperti Kampung Bangkit telah membina 100 UMKM di tahun 2019," kata Angga di Hotel Antik, Bandung, Sabtu (18/1/2020).

 

Baca juga:

Perluas Layanan, Pegadaian Gandeng OVO Hingga Lembaga Zakat 

 

Kedepan, tahun 2020 PZU berkomitmen mengembangkan usaha-usaha dan membina para pelaku UMKM sampai mampu menunaikan zakat (menjadi muzaki). Selain untuk menguatkan ekonomi, program Bangkit juga bertujuan untuk mengembangkan pendidikan, dan dakwah. "Sehingga kampung ini bisa bangkit dan menjadi kampung yang unggul dan kompetitif dalam pemberdayaan umat," jelasnya.

Saat ini, program Bangkit telah berjalan diberbagai daerah di Jawa Barat satah satunya Majalengka dan Kabupaten Bandung. (Mr/jabarnwes)


Back to Top