Termuda, Muslimah Ini Terpilih Jadi Walikota Mysuru India

gomuslim.co.id - Kiprah Muslim India di dunia pemerintahan kini semakin terbuka. Tasneem Munnavar Pasha menjadi walikota Muslimah pertama Kota Mysuru negara bagian Karnataka India. Dengan usia masih 31 tahun, kader partai Partai Janata Dal itu juga dinobatkan sebagai walikota termuda.  

Tasneem merupakan walikota terpilih yang ke-33 di Mysuru setelah berhasil mengalahkan Geethashree Yoganand dari partai BJP. Pemilihan walikota berlangsung di Aula Dewan Mysuru City Corporation, Sabtu (18/01) akhir pekan lalu. Proses pemilihan dimulai pada pukul 07.30 dan berakhir 09.30 waktu setempat.  

Tasneem dan wakilnya Sridhar mengantongi 47 suara dari total 70 suara, mengalahkan saingannya Geethashree Yoganand dan Shanthamma Vadivelu, yang masing-masing hanya dapat mengumpulkan 23 suara.

Dalam sambutanya, Tasneem akan memprioritaskan kebersihan kota Mysuru dan tetap mempertahan tagline kota Mysuru sebagai “Kota Bersih”.

 

Baca juga:

Ini Muslimah Pertama di Angkatan Udara Amerika Serikat

 

“Mysuru dikenal karena kebersihannya. Jadi, prioritas pertama saya adalah menjaga kebersihan dan saya akan berusaha mempertahankan tagline 'Kota Bersih'. Kota ini menghadapi masalah terkait dengan lampu jalan, selama beberapa hari ini. Saya akan segera melakukan upaya untuk menyelesaikannya,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Indian Express, Rabu (22/01/2020). 

Selain itu, dia akan memastikan pasokan pasokan air dan listrik tidak terputus, sistem drainase bawah tanah, dan berupaya memberikan yang terbaik untuk warganya. 

Untuk diketahui, Tasneem terlahir sebagai anak ketiga dari penjahit Munnavar Pasha dan ibu rumah tangga Tahseen Banu. Ia menjalani seluruh hidupnya di daerah Meena Bazaar, lingkungan yang telah ia wakili sejak 2013 dalam karir politiknya sebagai korporator (anggota DPRD).

Tasneem membuatnya masuk ke dalam politik elektoral sebelum Pemilihan Korporasi Kota Mysore 2013 diadakan pada bulan Maret, sebagai kandidat Kongres dari Ward 26 Meena Bazaar.

Ketika komunitasnya memintanya untuk maju dalam pemilihan walikota, Tasneem muncul sebagai kandidat partai, menggantikan pamannya, korporator tiga kali Alhaj Naseeruddin Babu. Namun belum terpilih sebagai wali kota.

Dia terpilih sebagai kandidat lagi pada 2018, tetapi kali ini dari jalur Janata Dal (Sekuler). Tasneem telah beralih pihak sebagai bagian dari faksi Kongres yang memilih untuk mendukung Janata Dal dalam pemilihan Majelis legislatif negara bagian.

Tasneem, lulusan Maharani Science College for Women di India, juga mengatakan dalam sambutannya, rencana telah disusun untuk memastikan pasokan air dan listrik yang tidak terputus, sistem drainase bawah tanah, dan ruang bagi warga untuk memberikan umpan balik terhadap pemerintah.

Ia juga adalah ibu dari dua anak, Syeda Rumani, siswa Kelas 8, dan Syed Uwaiz, siswa Kelas 2. Suaminya adalah Syed Samiulla, pekerja bordir tangan yang menjalankan usaha di Meena Bazaar. (Mr/The New Indian Express)

 

Baca juga:

Ini Perempuan Pertama yang Jadi Perwakilan Arab Saudi untuk UNESCO


Back to Top