Ini Cara Mahasiswa Muslim Kanada Perangi Islamophobia

gomuslim.co.id - Kelompok Mahasiswa Muslim di Universitas Mount Royal Calgary, Kanada menggelar kegiatan Pekan Kesadaran Islam (United Islam Awareness Week). Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 20 hingga 24 Januari 2020 ini dilakukan untuk melawan Islamophobia yang kian marak. Ini merupakan cara mahasiswa Muslim Kanada mendidik diri sendiri dan orang lain tentang Islam.

Acara ini ditandai dengan menyajikan serangkaian pembicara yang menampilkan cendekiawan Islam yang memiliki pengalaman kehidupan nyata terkait rasialisme. Salah satunya Wakil Editor situs Muslim 5Pillars, Dilly Hussain. 

Pada kegiatan tersebut, Hussain mengatakan bahwa dirinya menyaksikan peningkatan Islamophobia di Eropa dan Amerika Serikat. Karena itu, ia berharap lebih banyak orang mulai mengadakan dialog atau percakapan tentang perbedaan agama.

“Jika ada sentimen yang berkembang di kalangan non-Muslim di dunia Barat yang dipercayai oleh kaum Muslim tentang x, y dan z atau mereka menemukan ritual atau kepercayaan tertentu bermasalah atau bertentangan dengan nilai-nilai liberal sekuler, maka kita perlu melakukan dialog,” kata Hussain seperti lansir dari publikasi globalnews, Jumat (24/1/20).

 

Baca juga:

Butuh Renovasi, Bangunan Ini Bakal Jadi Masjid Pertama di Kota Airdrie Kanada

 

Dia mengatakan bahwa Muslim saat ini harus lebih lebih vokal, terutama selama masa politik yang lemah. Menurutnya, situasi demikian tidak menjadi lebih baik bagi Muslim. "Situasinya tidak menjadi lebih baik, jadi hal terbaik untuk dilakukan adalah tidak berdiam diri. Anda benar-benar perlu berada di luar sana dan berhubungan (interaksi) dengan mereka,” kata Hussain. (Mr/globalnews)

 

Baca juga:

Masjid Edmonton Kanada Jadi Tempat Tinggal Tunawisma Saat Musim Dingin Tiba


Back to Top