Minimalisir Obesitas Umat Muslim, Saudi Kampanye Jalan 8000 Langkah

gomuslim.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi mengkampanyekan program 8000 Langkah atau #Walk30 untuk mempromosikan olahraga diseluruh Kerajaan. Kampanye #Walk30 sendiri akan berlangsung selama empat bulan kedepan dan saat ini baru memasuki tahap pertama.

Direktur Jenderal Pemasaran dan Kesadaran Kemenkes, Anas Al-Hamid mengatakan, sudah banyak sekolah dan universitas mengambil bagian dalam kampanye tersebut. Bahkan, ada pula aplikasi untuk menghitung jumlah langkah yang diambil.

Selain itu, akan ada pula serangkaian acara diseluruh wilayah Saudi dalam rangka Hari Berjalan Nasional yang dijadwalkan akan berlangsung pada 5 Maret 2020 mendatang.

"Salah satu tantangan dalam kegiatan kampanye berjalan adalah para peserta hanya mampu berjalan tidak kurang dari 8000 langkah. Padahal nantinya, akan ada pemberian hadiah kepada para pemenang di akhir kompetisi dan bagi peserta yang tertarik untuk mengunduh aplikasi atau mendaftar," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Arabnews.com, Jumat (24/01/2020). 

 

Baca juga: 

Arab Saudi Umumkan Biaya Visa Baru untuk Haji 2020

 

Anas menjelaskan, dalam laporan tahun 2018 tentang orang-orang yang melakukan berolahraga dan latihan gerak tubuh, serta berdasarkan dari data Otoritas Umum Statistik mengungkapkan bahwa 54,05 persen orang di Kerajaan Inggris berjalan dan 21,49 persen menggunakan aplikasi saat berolahraga.

Laporan itu juga menunjukkan bahwa 18,99 persen warga Saudi berusia 15 tahun ke atas berlatih olahraga, sementara 13,88 persen warga non-Saudi berolahraga.

April lalu, lanjut dia, seorang pejabat kesehatan di Kerajaan Saudi, Abdulrahman Al-Sheikh, mengatakan bahwa 40 persen orang Saudi mengalami obesitas.

Al-Sheikh yang merupakan Konsultan Diabetes dan Endokrinologi serta Ketua Masyarakat Saudi untuk Diabetes, mengatakan bahwa obesitas adalah masalah utama bagi masyarakat Saudi. Bahkan, ada 3.8 juta penderita diabetes di negara tersebut yang didominasi hampir 19 persen dari populasi orang dewasa.

Selain itu, salah seorang pelatih pribadi bersertifikat, Atif Adnan Bashawri, yang juga memiliki studio kebugaran, mengatakan ketika ia dimintai saran tentang bagaimana cara meningkatkan kebugaran tubuh seseorang, ia akan menjawab dengan berjalan kaki.

"Saya setiap hari berurusan dengan orang-orang yang sering bertanya kepada saya 'Bagaimana saya bisa meningkatkan tingkat kebugaran saya?' Salah satu saran terbaik yang saya miliki selalu saya berikan kepada klien saya ialah berjalan kaki setidaknya 25 hingga 30 menit tiga kali seminggu,” ujarnya.

Ia mengatakan, berjalan hanya 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular, memperkuat tulang, mengurangi kelebihan lemak tubuh, dan meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan. "Ini juga dapat mengurangi risiko Anda mengalami kondisi seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, osteoporosis dan beberapa jenis kanker. Juga itu adalah cara termudah untuk menghilangkan stres,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Bashawri mengucapkan berterima kasih kepada Kemenkes yang dinilai telah memperhatikan masalah penting ini tersebut. Ia juga menyatakan bahwa obesitas akan terus meningkat di kalangan orang dewasa dan anak-anak. (mga/Arab News)

 

Baca juga: 

Saudi Buka Cafe Halal Pertama di Area Pegunungan Alpen


Back to Top