Edukasi Umat, Sobat Indonesia Sejahtera Gelar Sosialisasi dan Solusi Umrah Cerdas

gomuslim.co.id - Sobat Indonesia Sejahtera menggelar sosialisasi dan solusi umrah cerdas di Amaroossa Hotel Jakarta, Sabtu (25/01/20). Hal ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat supaya tidak menjadi korban penipuan yang berkedok travel umrah.

Direktur Sobat Indonesia Sejahtera, H. Hidayat Nasrun mengatakan seminar ini bertujuan memberikan informasi dan tips-tips pada masyarakat yang akan menjalankan ibadah umrah untuk memilih travel umrah yang aman dan nyaman sesuai dengan peraturan Kementerian Agama RI.

“Supaya calon jamaah lebih cerdas memilih travel. Penipuan ini bukan hanya karena travelnya yang nakal, tapi jamaah juga belum cerdas memilih travel. Disinilah kita informasikan semuanya, terutama hak-hak jamaah,” ujar H. Hidayat kepada gomuslim

Dalam acara yang dihadiri ratusan peserta ini, Direktur Marketing Sobat Indonesia Sejahtera Noor Yunita menjelaskan tentang solusi agar terhindar dari modus penipuan berkedok travel umrah.

"Kita download aplikasi Umrah Cerdas yang berlambang Kementerian Agama. Ketika kita mendapatkan penawaran dari travel, kita cek dulu ada tidak PPIU nya di aplikasi Umrah cerdas," katanya.

 

Baca juga:

Kemenag Cabut Izin 11 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah, Ini Daftarnya

 

Wanita yang akrab disapa Ummi ini menekankan pentingnya jemaah untuk lebih selektif, kritis dan proaktif mencari informasi penyelenggara travel umrah dan hal-hal yang terkait. “Melalui aplikasi ini, calon jemaah bisa lebih mudah mengetahui travel mana saja yang berizin dan tidak berizin. Ini bisa mencegah terjadinya penipuan,” tegasnya

Ada juga aplikasi Siskopatuh yang memudahkan mayarakat untuk mendaftar dan mendapatkan izin sebagai penyelanggara umrah. Jadi apabila travel umrah sudah mengikuti regulasi dari pemerintah termasuk Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8 tahun 2018. Maka sudah dipastikan perjalanan umrahnya nyaman dan aman. 

Karena itu, Sobat Indonesia Sejahtera tidak sembarangan mengajak travel-travel untuk menjalin bekerjasama. Travel terlebih dahulu harus mengikuti praturan-praturan yang sudah ditetapkan oleh kementerian Agama.

“Jika sesuatu dijalankan sesuai dengan peraturan. Insya Allah lebih aman dan terkendali. Travel yang sudah berkerjasama dengan kita, harus memberikan informasi dan hak-hak kepada jamaah. Misalnya nomor porsi umrah, tiket pesat, informasi hotel, makanannya dan para muthawifnya, semuanya harus jelas”. paparnya.

Sobat Indonesia Sejahtera sudah bekerjasama dengan beberapa travel umrah yang sudah terdafatar dan diakui oleh Kemenag RI. Sehingga para anggota Sobat Indonesia Sejahtera yang ingin berangkat umrah sudah dijamin keamanan dan kenyamanannya. Hal yang paling spesial, katanya, jemaah akan mendapatkan perlindungan khusus dari Yayasan Perlindungan Jemaah Haji Umrah Indonesia.

 

Baca juga:

Arab Saudi Umumkan Biaya Visa Baru untuk Haji 2020

 

Bagi yang ingin mendaftar jadi anggota Sobat Indonesia Sejahtera cukup dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 1,5 juta.
Berikut beberapa keuntungan menjadi anggota Sobat Indonesia Sejahtera:
1. Seminar haji umrah senilai Rp. 1,5 juta
2. Seminar ekslusif di Embaksasi Haji di daerah setempat
3. ID anggota bisa untuk e-toll dan e-money
4. Mendapatkan buku tabungan dari Bank Syariah Mandiri
5. Mendapatkan sertikat dan album kenangan di acara seminar
6. Potongan biaya umrah sebesar Rp. 1,5 juta
7. Mendapatkan sertikat dan album kenangan saat umrah
8. Mendapatkan hadiah selain air zam-zam. Seperi sajadah, tasbih, kurma dan kacang
9. Undangan reuni Bersama Sobat Indonesia Sejahtera
dan lain-lain.

“Banyak keuntungan yang nanti diperoleh anggota Sobat Indonesia Sejahtera. Misalnya jamaah mendaftar umrah di salah satu travel yang sudah bekerjasama dengan kita. Cukup menunjukkan ID anggota akan mendapatkan potongan harga biaya umrah sebesar Rp 1,5 juta. Jadi biaya pendaftaran itu sudah bisa ikut seminar, potongan harga umrah, dapat buku tabungan, ID anggota dan lain-lain.” tambahnya.

Perlu diketahui, Yayasan Sobat Indonesia Sejahtera merupakan lembaga yang melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait haji umrah, investasi Syariah, keluarga islami, fintech Syariah, keungan Syariah, ekonomi Syariah dan lain-lain.

Seminar dan sosialiasi ini akan terus berlanjut di seluruh daerah Indonesia. Namun untuk tiga sampai enam bulan kedepan Sobat Indonesia Sejahtera akan fokus di embarkasi Jakarta sebagai percontohan.

“Informasi-informasi seperti inilah yang tidak disampaikan oleh para penyelanggara umrah. Ini sangat memprihatinkan dan saya berharap adanya seminar ini sebagai solusi. Setiap satu bulan kita akan melakukan seminar, sosialisasi dan edukasi di embarkasi-embarkasi haji”. jelasnya.

Salah satu peserta seminar, Nurul Hidayat mengaku sangat senang mengikuti seminar ini, melalui seminar ini sangat membantu mengenai sosialisasi umrah supaya tidak terjadi penipuan di kalangan masyarakat.

Dalam acara ini, Sobat Indonesia Sejahtera juga menggandeng Himpunan Pengusaha Online International (HIPO) untuk melakukan kerjasama dalam sosialisasi di berbagai wilayah dan peluang-peluang kerjasama.

Dirut PT Industri Terpadu Karya Indonesia (Anggota HIPO) Mutawakkil mengatakan, seminar ini memberikan tameng kepada masyarakat supaya tidak menjadi korban penipuan umrah.

"Selain itu, pelaku jg tidak bisa beraksi karena semuanya akan terdeposit ketika jamaah mendaftarkan dirinya umrah dan pembayaran langsung ke pihak bank," ucapnya.

Dengan seminar ini, ia berharap tidak ada lagi korban penipuan di kalangan masyarakat Indonesia yang akan pergi ke Tanah Suci. (Mr)


Back to Top