#SaveTheirUmra Berangkatkan Umrah Korban First Travel Akhir Bulan Ini

gomuslim.co.id - Gerakan #SaveTheirUmra menggelar acara manasik umrah di Hotel Harris, Tebet Jakarta, Sabtu (25/01/20). Para jemaah ini merupakan korban First Travel yang rencananya akan diberangkat oleh #SaveTheirUmra ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah umrah pada tanggal 30 Januari 2019 mendatang.

Ketua Gerakan #SaveTheirUmra, Ali Mohamad Amin mengatakan pemberangkatan umrah gratis korban First Travel ini merupakan bentuk komitmen dari #SaveTheirUmra yang sudah digaungkannya beberapa waktu yang lalu.

 

“Ini sebagai bukti dan komitmen dari #SaveTheirUmra, seperti yang kita sampaikan beberapa waktu yang lalu pada media. Banyak sekali jemaah yang mendaftar tapi melalui verifikasi ini yang tidak mudah. Alhamdulillah sebelumnya kita sudah berangkatkan umrah dan pemberangkatan umrah selanjutnya diakhirnya bulan, tanggal 30 Januari,” jelasnya kepada gomuslim saat menghadiri acara manasik umrah di Hotel Harris.

 

Baca juga:

Bertajuk #SaveTheirUmra, Tujuh Pengusaha Siap Umrahkan 1.000 Jemaah Korban First Travel

 

Diakuinya, Gerakan #SaveTheirUmra megajukan syarat-syarat khusus dalam memberangkatkan umrah gratis para korban First Travel. Diantaranya usia jemaah min.65 tahun, sacara ekonomi kurang mampu, bukan agen First Travel, belum pernah ke luar negeri, belum pernah umrah atau haji dan lain-lain.

Lebih dari seratus jemaah korban First Travel yang sudah mendaftar di sekretariat Gerakan #SaveTheirUmra yang beralamat di Jalan Cipinang Cempedak I Nomor 45, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Namun lagi-lagi tim verifikasi yang menentukan dan sedikit jemaah yang sesuai dengan kriteria dan syarat yang sudah di tentukan.

“Sudah lebih dari seratus jemaah yang sudah mendaftar. Tapi ketika tim verifikasi turun di lapangan banyak Jemaah yang tidak masuk kriteria. Sudah kita sampaikan berkali-kali, pak Fuad dan tim#SaveTheirUmra lebih mengutamakan jemaah lanjut usia dan kurang mampu. Mereka dengan susah payah mengumpulkan dana untuk berangkat umrah. Inilah yang kita utamakan,” tegasnya

 

Baca juga:

Selain Sekretariat, #SaveTheirUmra juga Terapkan Syarat Ketentuan dan Jam Operasional

 

Dalam kesempatan ini, Ali sangat mengapresiasi tim #SaveTheirUmra terutama Bapak Fuad Hasan Masyhur selaku Ketua Pembina Gerakan #SaveTheirUmra yang sudah menyediakan tempat untuk sekretariat #SaveTheirUmra.

“Insyallah ini barakah, saya betul-betul mengapreasi tim verifikasi yang sudah turun ke lapangan mengecek satu-satu. Di mata Allah SWT belum tentu kita tapi mereka (tim #SaveTheirUmra) insya Allah semoga jadi amal. Apalagi memberangkat Jemaah ke tanah suci. Saya juga sangat mengapreasi pak Fuad Hasan Masyhur yang sudah menyiapkan sekretariat ini,” tuturnya

Jemaah korban first travel ini akan diberangkatkan menggunakan Biro penyelenggara perjalanan ibadah umrah dan haji, Alisan Tour & Travel milik Ali Mohamad Amin (Ketua Gerakan #SaveTheirUmra). Tapi untuk kebutuhan Jemaah seluruhnya diakomadasi oleh Gerakan #SaveTheirUmra.

“Alisan Tour & Travel hanya dititipkan, insya Allah kita jaga amanat ini. Semua kebutuhan jemaah diakomodasi oleh #SaveTheirUmra. Untuk tanggal 30 Januari nanti Alisan Tour & Travel memberangkatkan 162 jemaah umrah sudah termasuk jemaah korban First Travel tadi,” ungkapnya

Ketika disinggung terkait motivasi Gerakan #SaveTheirUmra, Ali mengungkapkan tujuh inisiator #SaveTheirUmra tergerak melihat kondisi para korban First Travel khususnya yang sudah lanjut usia dan tidak mampu. Terlebih pihak kejaksaan mengambil alih aset First Travel untuk diserahkan ke negara.

Ia berharap, seharunya aset First Travel dikembalikan lagi ke Jemaah dengan cara menggunakan skala prioritas. Seperti yang sudah dilakukan Gerakan #SaveTheirUmra memberangkatkan umrah dengan skala prioritas yakni jemaah yang lanjut usia dan kurang mampu.

“Penyitaan aset ini, kita kurang sependapat. Seharunya dikembalikan ke Jemaah dengan memberangkatkan umrah melalui sistem skala prioritas. Misalnya untuk aset senilai 50 Miliyar bisa untuk memberangkatan lebih dari 4.000 jemaah,” tuturnya

#SaveTheirUmra ingin mengetuk seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mengikuti sepeti Gerakan #SaveTheirUmra ini. Ali menambahkan, permasalahan ini bisa terselaikan dengan membentuk tim besar terdiri dari kementerian-kementerian terkait, tokoh masyarakat, MUI dan pihak kepolisian.

 

Baca juga:

#SaveTheirUmra Buka Sekretariat Pendaftaran Jemaah Korban First Travel, Ini Lokasinya

 

“Kita ingin mengetuk lapisan masyarakat untuk bisa mengikuti Gerakan #SaveTheirUmra ini. Permasalahan ini bisa atasi dengan membentuk tim besar terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, terutama kementerian terkait. Insya Allah 10 sampai 15 ribu Jemaah bisa berangkat umrah,” tutupnya

Muhammad Khotib (70) asal Ciputat salahsatu korban First Travel yang diberangkatkan #SaveTheirUmra mengucapkan banyak terimakasih pada Gerakan #SaveTheirUmra dan Alisan Tour & Travel.

Alhamdulliah, subhanallah… ini diluar nalar kami dengan kemurahan Allah SWT melalui #SaveTheirUmra dan Alisan Travel saya bisa berangkat umrah. Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih  dan semoga Allah berikan keberkahan untuk #SaveTheirUmra dan Alisan Travel. Semoga Allah SWT bales segala kebaiknya. Insya Allah kalau usaha yang diberkahi oleh Allah, insya Allah barakah.” tutur pengajar di Ponpes Sunanul Husna, Pondok Ranji Ciputat ini. (Mr)


Back to Top