Muhammadiyah Diminta Ambil Peran dalam Perdamaian di Thailand Selatan

gomuslim.co.id – Pemerintah Thailand mengajak Muhammadiyah untuk ambil peran dalam proses perdamaian, integrasi dan moderasi Islam di wilayah kantong umat Islam Thailand Selatan. Hal ini disampaikan delegasi Panglima Tentara Angkatan Darat Kerajaan Thailand, Wichai Chucherd saat menyambangi Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah, Syafiq Mughni dan perwakilan PP Pemuda Muhammadiyah. 

Menurut Wichai, Thailand saat ini tengah menghadapi tantangan ekstrimisme muslim yang menghambat proses persatuan dan keamanan. “Muhammadiyah bagi kami sangat penting, dan sudah banyak membantu di Thailand Selatan. Antara lain sekolah-sekolah selama 10 tahun. Kita berharap siswa (Thailand) yang datang ke Indonesia dapat pemahaman yang benar mengenai Islam dan kembali pulang untuk membuat Thailand Selatan lebih maju dan damai,” ujar Wichai, Senin (27/1/2020).

Sementara itu, Ketua PP Muhammadiyah, Syafiq Mughni yang menyambut baik kedatangan perwakilan Pemerintah Thailand tersebut pun mengatakan, Muhammadiyah sendiri telah berkomitmen pada advokasi kemanusiaan, multikulturalisme, dan toleransi dari sejak awal berdiri. Peran Muhammadiyah saat ini juga sudah tersebar di banyak negara lain di Asia Tenggara.

 

Baca juga:

Ini Alasan Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Haram Rokok Elektrik 

 

Menurut Syafiq, resolusi konflik melalui dialog yang menguntungkan kedua belah pihak dan tanpa merugikan pihak yang lain adalah jalan paling ideal.  “Dalam kaitan misi Muhammadiyah dan masalah Thailand, Muhammadiyah siap memberikan jalan terbaik untuk moderasi Islam di Thailand Selatan,” pungkasnya. (mga/Muhammadiyah)

 

Baca juga:

Juara Olimpiade Matematika di Jepang, Siswi MI Muslimat NU Sidoarjo Dapat Beasiswa


Back to Top