Kemenag Sambut Baik Program Tahfidz Quran Berkarakter RQV Indonesia

gomuslim.co.id - Kementerian Agama mendapatkan kunjungan dari Pengurus Rumah Quran Violet (RQV) Indonesia. Rombongan di pimpim Presiden RQV Sultan Mude Azmi F.U dan diterima oleh Menteri Agama Fachrul Razi dan Direktur Penerangan Agama Islam Juraidi. Pertemuan ini mendiskusikan kemungkinan kerjasama dalam program tahfidz Alquran.

“RQV Indonesia adalah lembaga nasional sosial keagamaan yang berfokus pada pendidikan tahfidzul quran berkarakter dan melahirkan masyarakat penghafal Alquran. Menghafal Alquran secara gratis berbasis masyarakat,” kata Sultan Mude memulai pembicaraan dengan Menag, Senin (27/01/2020).

 

Baca juga:

Belajar Dakwah, Keluarga Asal Denmark Ini Kunjungi Kampung Quran di Yogyakarta


Saat ini RQV Indonesia sudah ada di beberapa kota besar di pulau Sumatera, sebagaian Sulawesi, dan Kalimantan. Dalam waktu dekat, RQV juga akan bertemu dengan tokoh dan masyarakat Fakfak, Papua Barat.

“Kami berharap generasi Indonesia paham dan cinta Alquran. Program RQV Indonesia semua berbasis kemasyarakatan,” kata Sultan Mude.

Sultan Mude berharap RQV Indonesia bisa menjalin kerjasama dengan guru-guru Madrasah. RQV Indonesia memiliki target membentuk 1000 kampung Alquran dan sejuta penghafal Alquran. “Kami siap berkolaborasi dengan program-program Madrasah di Kemenag,” ucap Sultan Mude.


Baca juga:

Mahasiswa Penerima Beasiswa Tahfidz IZI Universitas Hasanudin Gelar Quran Camp


Menag Fachrul Razi menyambut baik niat dan tawaran program tahfidz dari RQV Indonesia. Sebab, Kementerian Agama tidak semata-mata bicara Islam, namun karakter bangsa Indonesia. “Islam dan bangsa tidak boleh dipisahkan. Identitas Islam, dan identitas bangsa harus menjadi satu paket,” kata Menag.

“Kita akan pelajari, sejauh mana program berbasis kemasyarakatan itu, bagaimana polanya. Saya setuju, mendalami Alquran itu bukan sekedar menghafal, tapi menghayati dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Menag.

Perlu diketahui, RQV Indonesia didirikan pada 4 September 2015. Berbekal Surat Keputusan Kementrian Hukum & HAM RI: AHU-0021681.AH.01.04 Tahun 2015, RQV Indonesia resmi menjadi Lembaga Pendidikan Tahfidz Alquran dan wakaf dengan mengusung visi: Cerdas Bersama Alquran. (Mr/kemenag)


Back to Top