Sekum PP Muhammadiyah: Pemerintah Harus Lindungi WNI di Wuhan, China

gomuslim.co.id – Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti turut memberikan tanggapan terkait penyebaran virus corona yang terjadi di Wuhan, China. Ia mengatakan Pemerintah Indonesia harus melindungi WNI yang berada di China, khususnya berada di wilayah Wuhan. 

“Sehubungan dengan penyebaran virus corona yang sudah mewabah ke berbagai kota di China, PP Muhammadiyah meminta pemerintah Indonesia untuk segera melakukan langkah-langkah preventif dan perlindungan bagi warga negara dan masyarakat termasuk mahasiswa Indonesia yang sekarang masih berada di China,” ujarnya dalam keterangan tertulis. 

 

Baca juga:

Wabah Virus Corona, Masjid Putra Malaysia Tutup Akses untuk Pengunjung Non Muslim

 

Ia mengungapkan, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) China, saat ini, masih terdapat 80 mahasiswa asal Indonesia yang berada di China.

“Saat ini warga dan mahasiswa khususnya di Wuhan diisolasi, tidak boleh banyak beraktifitas diluar. Bahkan mahasiswa saat ini hanya tinggal dipenampungan dan tidak boleh ada aktivitas dikampus atau tempat-tempat lain,” kata Mut’i.

Maka dari itu, Muhammadiyah, kata Abdul Mut’i, meminta Pemerintah Indonesia untuk dapat memulangkan sementara mahasiswa Indonesia yang masih berada di Wuhan, China. Hal ini harus dilakukan demi keselamatan WNI itu sendiri.

“Pemerintah Indonesia harus memulangkan sementara mahasiswa. Hal ini sangat penting dan mendesak mengingat penyebaran virus Corona sangat cepat dan berbahaya,” pungkasnya. (mga/Muhammadiyah)

 

Baca juga:

Muhammadiyah Diminta Ambil Peran dalam Perdamaian di Thailand Selatan


Back to Top