Cegah Virus Corona, Kemenkes Siapkan Tiga Rumah Sakit

gomuslim.co.id – Kementerian Kesehatan RI melalui Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P), Anung Sugihantono melakukan upaya pencegahan virus Corona di Indonesia. Langkah pencegahan tersebut antara lain dengan cara Penyampaian Surat Edaran Dirjen P2P tanggal 6 Januari 2020.

Ia mengatakan, Kemenkes telah menyediakan Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus yang meliputi deteksi, manajemen klinis, pemeriksaan laboratorium, dan komunikasi resiko. Juga sudah berfungsinya sebanyak 195 thermal scanner di 135 pintu masuk negara.

“Mengenai kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit pneumonia dari Tiongkok ke Indonesia. Kemudian Penyampaian Surat Edaran Dirjen Layanan Kesehatan tanggal 15 Januari 2020 mengenai kesiapsiagaan rumah sakit,” kata Anung dalam keterangan tertulis, Selasa (28/1/2020).

 

Baca juga:

Ilmuwan Muslim Ini Ternyata Penemu Virus Corona

 

Selain itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI juga menyiapkan tiga rumah sakit rujukan untuk pasien yang diduga terinfeksi virus corona di Jakarta.

Tiga rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Rumah Sakit Persahabatan, dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan  DKI Jakarta, Widyastuti menyatakan, pihaknya masih akan menambah jumlah rumah sakit rujukan untuk pasien terinfeksi virus corona.

“Kami terus lakukan review. Rencananya, rumah sakit yang disiapkan tersebut bakal berada di dekat bandara ataupun pelabuhan,” ungkap Widyastuti.

Widyastuti menjelaskan, RSUD Koja dan RSUD Cengkareng sedang dipersiapkan sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien virus corona.

Ia meminta, seluruh tenaga kesehatan baik di rumah sakit maupun puskesmas untuk menyiapkan alat pelindung diri (APD) sesuai standar yang berlaku. Selain itu, tenaga kesehatan diimbau untuk meninjau ulang cara pemakaian APD termasuk cara pengambilan spesimen. (hmz/infopublik)

 

Baca juga:

Sekum PP Muhammadiyah: Pemerintah Harus Lindungi WNI di Wuhan, China


Back to Top